Pengaruh Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Sistem Indera

Wina Nurlina, Purwati K Suprapto, Mufti Ali

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media peta konsep terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep sistem indera di kelas XI IPA di salah satu Sekolah Menengah Atas di Tasikmalaya yang proses pembelajarannya belum  menggunakan media pembelajaran yang variatif.. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh Kelas XI IPA sebanyak 7 kelas yang berjumlah 248 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu Kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yang dipilih berdasarkan pada kesamaan nilai rata-rata akhir semester dan kelas dengan nilai terendah. Instrumen penelitian terdiri atas soal kognitif pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis statistik didapatkan skor rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,58 dan skor rata-rata N-gain kelas kontrol 0,38. Skor N-gain kedua kelas tersebut termasuk kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf 5% diperoleh thitung 6,5007 dan ttabel 1,9944. Dengan analisis thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media peta konsep terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep sistem indera.

Kata kunci: Peta Konsep, Hasil Belajar, Sistem Indera

 

Abstrack: This study aims to determine the effect of concept map media on student learning outcomes in the sub-concept of the sensory system in class XI Natural Science in one of the High Schools in Tasikmalaya whose learning process has not used varied learning media. The method used is a quasi-experimental with the research design nonequivalent control group design. The study population was all Class XI Natural Sciences with 7 classes totaling 248 people. The sampling technique was using purposive sampling technique. The research samples were Class XI Natural Science 1 and Class XI Natural Science 2 which were selected based on the similarity of the average score at the end of the semester and the class with the lowest score. The research instrument consisted of 30 multiple choice cognitive questions that had been tested for validity and reliability. The results of statistical analysis showed that the experimental class N-gain average score was 0,58 and the control class N-gain average score was 0,38. The N-gain scores of the two classes are in the moderate category. The results of hypothesis testing using the t test with a level of 5% obtained thitung 6,5007 and ttabel 1,9944. By analyzing thitung > ttabel then H0 is rejected and Ha is accepted. This it can be concluded that there is an effect of concept map media on student learning outcomes in the sensory system sub-concept.

Keywords: Concept Map, Learning Outcomes, Sense system


Keywords


Peta Konsep, Hasil Belajar, Sistem Indera

Full Text:

PDF

References


Arsyad,Azhar. (2010). Media pembelajaran.Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.

Dahar, Ratna Wilis. (2006). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Erlangga:PT Bumi Aksara Pratama.

Labibah, Raisah Mardhiyati. (2017). Pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa 4(2).

Lestari, S., et.all. (2016). Hubungan Kemampuan Membuat Peta Konsep Dengan Hasil Beljar Siswa Pada Sub Materi Klasifikasi Mahluk Hidup Kelas X SMA Esa Prkarsa. Jurnal Pelita Pendidikan 4(4):156-160.

Marisa. (2016). Modul konsep pemanfaatan media dalam pembelajaran. [E-Book] tersedia di http://www.academia.edu/37540562/konsep_pemanfaatan_media_dalam_pembelajaran.

Mauliza, Erna. (2016). Efektivitas penggunaan peta konsep terhadap hasil Belajar siswa pada materi klasifikasi tumbuhan di kelas X SMAN 1 Mutiara Kabupaten Pidie. (Skripsi). Sekolah Sarjana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Maurisa, AM & Abdullah, H. (2016). Hubungan kemampuan membuat peta konsep dengan hasil belajar siswa di kelas XI IPA pada materi pokok sistem ekskresi manusia. Jurnal Pelita Pendidikan 4(2).

Musyrifah dan Ismail. (2014). Pengaruh penerapan peta konsep berbasis it terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 pambong pada materi sel. Jurnal Bionature, 15(1):6-15. tersedia di https://www.ebooks.com/en-us/book/1217999/learning-how-to-learn/joseph-d-novak/.

Roini, Chumaidach. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Genetika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Peta Konsep Pada Sekolah Berkategori Berbeda. Jurnal Bionature 13(1):25-30.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kebijakan. Bandung:Alfabeta.

Yunita, Luki., et.all. (2014). Pemanfaatan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Senyawa Hidrokarbon. Jurnal Edusains, (1):1-18.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v13i1.3213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.