Profil Pengetahuan Dan Proses Kognitif Peserta Didik Pada Sub Materi Vertebrata

Widia Narasanti Agustin, Purwati K Suprapto, Vita Meylani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pengetahuan kognitif peserta didik dalam pembelajaran biologi mengenai sub materi vertebrata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrument hasil belajar mengenai sub materi vertebrata yang dikerjakan oleh 30 peserta didik kelas X MIPA. Dilakukan pula wawancara bersama guru biologi dan beberapa peserta didik untuk mendapatkan keabsahan data dari soal tes yang sudah dikerjakan. Tes hasil belajar mencakup beberapa indikator dalam dimensi kognitif, yaitu dimensi ranah pengetahuan kognititf yang terdiri dari K1 dan K2, serta dimensi ranah proses kognitif yang terdiri dari C1-C5. Data dianalisis dengan cara mencari rata-rata nilai dan rata-rata skor dari masing-masing indikator pada ranah kognitif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data sebagai berikut: 1) Dimensi pengetahuan kognitif peserta didik lebih baik pada pengetahuan faktual;2) Dimensi proses kognitif yang dikuasai oleh peserta didik adalah pada C1 (proses mengingat), sedangkan yang kurang dikuasai oleh peserta didik adalah pada C4 (proses menganalisis); 3) Penguasaan konsep peserta didik pada sub materi vertebrata yaitu materi yang dianggap mudah oleh peserta didik merupakan materi yang bersifat umum karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu mengenai pengertian vertebrata, pembahasan mengenai hewan pisces, dan materi mengenai seputar reptile; 4) Kesulitan peserta didik dalam mempelajari sub materi vertebrata adalah dalam segi mendalami materi, karena banyaknya jenis hewan vertebrata yang harus dikuasai oleh peserta didik. Dan dalam segi menganalisis berbagai macam hewan vertebrata membuat peserta didik kesulitan untuk dapat memahami bentuk soal cerita mengenai hewan vertebrata yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci: PengetahuanKognitif; Proses Kognitif; Sub Materi Vertebrata

 

Abstract: This study aims to determine the cognitive knowledge profile of students in learning biology about vertebrate sub material. This type of research is a descriptive qualitative research. Data collection was carried out by giving learning outcomes instruments about vertebrate sub material which was done by 30 students of Class X math and science. Interview tests were also carried out with biology teachers and some students to get the validity of the data from the test questions that had been done. The learning outcomes test includes several indicators in the cognitive dimension, namely the cognitive knowledge domain consisting of K1 and K2, as well as the cognitive process domain consisting of C1-C5. Data were analyzed by finding the average value and the average score of each indicator in the cognitive domain. Based on the analysis results, the following data are obtained: 1) Dimensions of cognitive knowledge of students are better on factual knowledge; 2) Dimensions of cognitive processes that are mastered by students are at C1, while those less mastered by students are at C4; 3) Mastery of the concept of students in vertebrate sub material, namely material that is considered easy by students is general material because it relates to everyday life, including the understanding of vertebrates, discussion of animal pisces, and material about reptiles; 4) The difficulty of students in learning vertebrate sub material is in terms of deepening the material, because of the many types of vertebrate animals that must be mastered by students. And in terms of analyzing various kinds of vertebrate animals, it makes it hard for students to understand the form of story problems about vertebrate animals that exist in everyday life.

Keywords: Cognitive Knowledge; Cognitive Process; Vertebrate Sub Material

 


Keywords


Cognitive knowledge; cognitive process; vertebrate sub material

Full Text:

PDF

References


Anderson, O. W. and Krathwohl, David. R. (2001). Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridged Edition. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Campbell, A, N., & Reece, B, J. (2008). Biologi (8th ed.; W. Hardani & P. Adhika, eds.). BANDUNG: Erlangga.

Dahar, R. W. (1989). Teori-Teori Belajar. Bandung: Erlangga

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kerjasama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Rineka Cipta.

Ismail, F. (2014). Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Jufri, Wahab. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka.

Khamidah, N. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di SMP Al-Islam Kartasura. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta.

Kristiningtyas, W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif Dan Psikomotorik Dalam Membuat Sketsa Dan Peta Wilayah Yang Menggambarkan Objek Geografi Melalui Metode Survei Lapangan. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1782

Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Parwati, et al. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada

Purwanto, N. (1991). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmah, A. (2014). Profile of Cognitive Abilities of Students in Digestive System Instruction Using Practicum and Discussion. 3–4.

Rifa’i, A dan Anni, C.T. (2016). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPTUNNES Press.

Rosyidi, A. (2013). Profil Pengetahuan Konseptual Siswa SMP di Jenjang Proses Kognitif Menganalisis Pada Materi Segi Empat Berdasarkan Jenis Kelamin. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(2), 174–181. https://doi.org/10.15294/kreano.v4i2.3158

Sari, Y. P., Amilda, A., & Syutaridho, S. (2017). Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 146–164. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1738.

Slameto. (2010 & 2013). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2011 & 2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supardan, D. (2016). Teori Dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v13i1.3368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.