Analisis Kesadaran Metakognisi Dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Melalui Strategi Review Artikel Ilmiah

Rahma Widiantie

Abstract


Abstrak: Mahasiswa masih kesulitan dalam mengelola informasi baru dan menghubungkannya dengan materi yang telah diterima sebelumnya. Kondisi tersebut terlihat pada hasil belajar kognitif mahasiswa yang masih banyak dalam kategori cukup. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh strategi review artikel ilmiah terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar mahasiswa serta menganalisis hubungan kedua variable tersebut. Sampel adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Endokrinologi dengan desain penelitian one shot case study. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa yaitu 25,9% kategori sangat baik, 51,9% kategori baik dan 22,2% kategori cukup. Kesadaran metakognisi adalah 79,8% dengan kategori baik dimana nilai tertinggi pada pengetahuan kondisional. Hasil uji statistic multivariant annova adalah pembelajaran menggunakan review artikel ilmiah berpengaruh terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kesadaran metakognisi dengan hasil belajar kognitif dengan nilai korelasi 0,886. Hasil penelitian secara keseluruhan adalah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif dan kesadaran metakognisi mahasiswa, terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan review artikel ilmiah terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif serta terdapat korelasi yang positif antara kedua variable tersebut. metakognisi menekankan pemantauan dan tanggung jawab diri siswa, sehingga siswa dapat mengatur dirinya untuk merencanakan, memantau dan mengevaluasi tujuan pembelajarannya sehinggan dapat meningkatkan hasil belajar kognitifnya

Kata- kata kunci: Kesadaran metakognisi; Hasil belajar kognitif; Review artikel ilmiah

 

Abstract: Students still have difficulty managing new information and relating it to previously received material. This condition can be seen in the cognitive learning outcomes of students who are still in the sufficient category. The purpose of this study was to anlyze the effect of scientific article review strategies on metacognition awareness and student learning outcomes and the relationship between the two variables. The sample was students taking the Endocrinology course with a one-shot case study research design. The results of the study showed an increase in student cognitive learning outcomes, 25.9% very good category, 51.9% good category and 22.2% sufficient category. Metacognition awareness was 79.8% with the good category where the highest score was on conditional knowledge. The result of the Annova multivariant statistical test is that learning using scientific article reviews has an effect on metacognition awareness and cognitive learning outcomes of students. The results of the correlation test showed that there was a positive relationship between metacognition awareness and cognitive learning outcomes with a correlation value of 0.886. The results of the study as a whole are there is an increase in student cognitive learning outcomes and metacognition awareness, there is a significant effect of learning using scientific article reviews on metacognition awareness and cognitive learning outcomes and there is a positive correlation between the two variables. Metacognition emphasizes monitoring and self-responsibility of students, so that students can organize themselves to plan, monitor and evaluate their learning goals so that they can improve their cognitive learning outcomes.

Keyword:  Cognitive learning outcomes, Metacognition awareness, Scientific article reviews


Keywords


Analisis, Kesadaran metakognisi, Hasil belajar kognitif, Review artikel ilmiah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ramli, 2017, Urgensi Metakognisi Dalam Pencapaian Hasil Belajar Di SMA, Lantanida Journal, Vol.5, No.2 (2017).

Andriani, dkk, 2017, Hubungan Antara Kemampuan Metakognisi, Motivasi, dan Kesiapan Mental Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Gowa, Journal of Biologi Education, Vol.1, No.1. November 2017.

Coutinho, Savia A. 2007. The Relationship Between Goals, Metakognition and Academic Success.Northern Illinois University, United State of America. Educated-vol 7, No 1, 2007.

Cresswell, J.W. (2017). Research Design Pendekatan metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Flavell, Jhon, H and Patricia H, Miller, 1993, Cognitive Development, New Jersey : Prantise Hall

Fitriyani, R., Corebima, A.D., Ibrohim. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri TerbimbingTerhadap Keterampilan Metakognitif, Berfikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains 3(4): 186-200.

Nuryana, E, Sugiarto, B, 2012, Hubungan Keterampilan Metakognisi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X-1SMA Negeri 3 Sidoarjo, Unesa Journal of Chemical Education, Vol.1, No,1, Mei 2012.

OLRC News. 2004. Metacognition. [online]. Tersedia: http://www.literacy .kent.edu/ ohioeff/resource.doc.

Omrod, Jeanne Ellis, 2009, Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid 1, Jakarta; Erlangga.

Rahayu, dkk, 2016, Pembelajaran Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Schraw, G and Dennison R.S, 1994, Assesing Metacognitive Awareness, Contemporary Educational Psychology, 19.

Schraw G, Crippen KJ, Harthley K, 2006, Promoting Self Regulation in Science Education: Metacognition as part of a Broader Perspective on Learning. Research in science education.

Shannon, S. V., Collage, W. S. 2008. Using Metakognition Strategis and Learning Styles to Cereate Self-Directed Learns. Institute for Learning Journal. Vol. 1.

Widiantie, R, Handayani, 2017, Kesadaran Metakognisi dan Keterampilan Memecahkan Masalah Mahasiswa Melalui Penugasan Individu Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Endokrin, Jurnal Quagga.

Widiantie, R, Handayani, 2018, Pengembangan Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Presentasi Mahasiswa Pada Seminar Pendidikan Biologi, Pendidikan Biologi, Universitas Kuningan.

Williams et.al. 2003. Thinking Like a Scientist About Real-World Problems: The Cornell Institute for Research on Children Science Education Program. Journal of Applied Developmental Psycholog

Wisdom J. Owo dan Emmanuel F. Ikwut, 2015, “Relationship Between Metacognition, Attitude and Academic Achievement of Secondary School Chemistry Students in Port Harcourt, Rivers State,” IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) 5, no. 6.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v13i1.3826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.