Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Biologi Umum untuk Mahasiswa Program Sarjana Prodi Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Arbaul Fauziah, Ahmad Fahrudin

Abstract


Praktikum merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, khususnya dalam perkuliahan Biologi. Praktikum yang baik perlu dilengkapi dengan komponen penunjang, salah satunya adalah buku petunjuk praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan substansi, kelayakan, dan respon penggunaan buku petunjuk praktikum Biologi Umum Program Studi Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah R & D dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa substansi buku petunjuk praktikum Biologi Umum prodi Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung terdiri dari tata tertib, jadwal praktikum, topik, tujuan, dasar teori, alat dan bahan, cara kerja, dan format lembar pengamatan sementara (LPS). Dilihat dari segi teoritis, desain, akurasi, dan relevansinya dengan materi perkuliahan, buku petunjuk praktikum Biologi Umum dinyatakan layak sebagai penunjang praktikum dengan kriteria sangat valid berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan media. Penggunaan buku petunjuk praktikum ini mendapatkan respon positif dengan persentase penilaian yang tinggi. Respon positif ditunjukkan dengan pendapat responden yang menyatakan bahwa buku petunjuk praktikum mudah diperoleh, mudah dipahami, tersaji dengan lengkap, langkah-langkah praktikum dipaparkan dengan jelas sehingga dapat membantu dalam pelaksanaan praktikum.

 

Practicum is an important part of the learning process, especially in Biology lectures. A good practicum needs to be equipped with supporting components, one of which is a practical handbook. The aims of this study were to describe the substance, feasibility, and response to the use of the General Biology practical handbook for the Tadris Biology Study Program in UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. The type of research was R & D with the ADDIE development model. The results showed that the substance of the General Biology practical handbook for the Tadris Biology Study Program in UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung consisted of rules, practicum schedules, topics, objectives, theoretical basis, tools and materials, working methods, and temporary observation sheet (LPS) format. In terms of theoretical, design, accuracy, and relevance to lecture material, the General Biology practical handbook was declared feasible as a practicum supporter with very valid criteria based on assessments by material and media experts. The use of this practical handbook received a positive response with a high percentage of assessment. The positive response was indicated by the opinion of the respondents who stated that the practical handbook were easy to obtain, easy to understand, fully presented, the practicum steps were explained clearly so that it could assist in practicum implementation.


Keywords


Biologi Umum, handbook, praktikum

Full Text:

PDF

References


Agustina, E. (2018) ‘Analisis Kesesuaian Materi Kuliah dengan Materi Praktikum Biologi Bidang Tumbuhan pada Prodi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry’, BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 4(2), p. 156.

Ali, A. (2017) ‘Analisis Pelaksanaan Praktikum Anatomi Fisiologi Tumbuhan Jurusan ‎Pendidikan Biologi Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017‎’, Jurnal Biotek, 5(1), pp. 144–154.

Dola Syamsu, F. (2017) ‘Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII ‎Semester Genap’, Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2).

Khairunnufus, U. et al. (2019) ‘Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning untuk Kelas XI SMA’, Chemistry Education Practice, 1(2), p. 36.

Maknun, D., Surtikanti, R. R. H. K. and Subahar, T. S. (2012) ‘Pemetaan keterampilan esensial laboratorium dalam kegiatan praktikum ekologi’, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), pp. 1–7.

Pranata, K. B. et al. (2020) ‘Workshop Peningkatan Kualitas SDM bagi Calon Guru Fisika melalui Media Praktikum Komponen Elektronika Pasif dan Aktif’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(2), pp. 46–60.

Suryaningsih, Y. (2017) ‘Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan ‎Proses Sains dalam Materi Biologi’, BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 2(2), pp. 49–57.

Suseno, N. (2012) ‘Peran Praktikum dalam Mengembangkan Kemampuan dan Karakter Mahasiswa Calon Guru Fisika ‎pada Mata Kuliah Keahlian Program Studi (Study kasus pada Perkuliahan Elektronika dan Listrik ‎Magnet)‎’, in Prossiding Seminar Nasional Pendidikan ‘Membangun Karakter Guru dan Dosen ‎untuk ‎Mewujudkan Pendidikan Berkarakter. Metro, pp. 132–139.

Tasnim, M. (2016) Kontribusi Fasilitas Laboratorium, Kegiatan Praktikumdan Lembar Kerja Mahasiswa dalam Menunjang ‎Perkuliahan dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Biologi UNIMED. Universitas Negeri Medan.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v14i1.4521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.