Penerapan Model Pembelajaran SM2CL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa

Pipit Damayanti, Anna Fitri Hindriana, Zaenal Abidin

Abstract


Pembelajaran biologi di kelas masih terfokus pada tekstual dan masih belum mengoptimalkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis sehingga ketika pembelajaran di kelas berlangsung siswa merasa bosan dan tidak termotivasi untuk belajar lebih aktif dan bertanya mengenai materi yang didapat di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis dan motivasi belajar dengan menerapkan model pembelajaran SM2CL pada materi ekosisitem di MA Khas Kempek. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang dijadikan sebagai subjek penelitian sebanyak dua kelas, yaitu X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 6 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 52 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran SM2CL terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkahnya, Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada skor pretest 53,17 menjadi skor posttest 79,97. Terdapat peningkatan motivasi belajar pada siswa yang diimplementasikan SM2CL pada materi ekosistem pada kelas ekperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan rata-rata nilai motivasi belajar kelas eksperimen 85,30% sebesar sedangkan rata-rata nilai motivasi belajar kelas kontrol sebesar 76,20%. Respon positif siswa terhadap pembelajaran model SM2CL sebesar 54% dengan kriteria sangat kuat. 


Biology learning in the classroom is still focused on textual and still has not optimized learning models that can improve critical thinking skills. This study aims to determine the improvement of critical thinking and learning motivation by applying the SM2CL learning model to the ecosystem material at Kempek Khas MA. The research method used is quasi-experimental. The sampling technique used in this research is purposive sampling technique. The samples used as research subjects were two classes, namely X IPA 5 as the experimental class and class X IPA 6 as the control class which consisted of 52 students. The results showed that the implementation of the SM2CL learning model was carried out well according to the steps. There was an increase in students' critical thinking skills from the pretest score of 53.17 to the posttest score of 79.97. There is an increase in learning motivation in students who implemented SM2CL on ecosystem materials experimental class better than the control class with an average value of 85.30% learning motivation experimental class while the average value of learning motivation in the control class is 76.20%. The positive response of students to learning the SM2CL model is 54% with very strong criteria. The application of the SM2CL model can improve students' critical thinking skills and learning motivation on ecosystem materials at the Kempek Khas MA.



Keywords


Kata kunci: Synectics Mind Maps Cooperative Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Abed, S., Davoudi, A. H. M., & Hoseinzadeh, D. 2015. The effect of synectics pattern on increasing the level of problem solving and critical thinking skills in students of Alborz province. WALIA Journal. 31 : 110–118.

Günay, A. 2013. Use of technology-assisted techniques of mind mapping and concept mapping in science education : a constructivist study. Iriish Educational Studies. 32 (4) : 437–456.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor.

Huda, M. 2017. Cooperative Learning. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Long, D., & Carlson, D. 2011. Mind the Map : How Thinking Maps Affect Student Achievement. Networks: An Online Journal for Teacher Research. 13 (2) : 1–8.

Ogunleye, B. O., & Ojekwu, I. N. 2020. Effects of mind mapping strategy and gender on students ’ Basic Science achievement in Eleme Local Government Area of Rivers State. Journal of Education. 12 : 193–204.

Purwanti, S. 2020. Model Pembelajaran Synectics Untuk Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Karya Ilmiah Guru. 5 (2) : 107–112.

Ramdhayani, E., Ibrahim, M., & Madlazim. 2015. Pembelajaran sikap melalu analogi dalam mengajarkan biologi. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 5 (1) : 874–884.

Simamora, S. S., Harahap, R., Yanti, I., Hasibuan, M. N. S., Pratika, S., & Harahap, A. 2020. The Influence of Mind Mapping Learning Method on Student Learning Results. International Journal of Innovative Science and Research Technology. 5 (3) : 801–803.

Taufik, M. S., Mustami, M. K., & Damayanti, E. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Synectics, Mind Maps, Cooperative Learning (SM2CL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Biotek. 6 (2) : 61–72.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Yuningsih, & Susilo, M. J. 2018. Kajian Pendekatan Analogi dalam Pembelajaran Biologi yang Bermakna. Jurnal Riset Dan Konseptual. 3 (3) : 268–279.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v14i1.4821

Refbacks



Copyright (c) 2022 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.