Efektivitas Model Pembelajaran Example Non Example, Picture and Picture dan Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa

Thofil Nubatonis, Nonci Melinda Uki, Marince Inforsalina Leo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas Model Pembelajaran Picture and Picture, Example Non Example dan Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain  eksperiment pola M-G (matched group design) yang melibatkan tiga kelas. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan di analisis menggunakan uji Anova Satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas example non example (Rata-rata 81.52), kelas picture and picture (rata-rata 86.47), kelas PBL (rata-rata 76.64), maka dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Picture and picture efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Peningkatan pemahaman konsep siswa dibuktikan dengan analisis gain yang menunjukkan model pembelajaran example non example (rata-rata 0.69 kriteria sedang), picture and picture (rata-rata 0.86 kriteria tinggi) dan PBL (rata-rata 0.67 kriteria sedang). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and picture efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dilihat dari kriteria N-Gain. 

 

This study aims at knowing the effectiveness of Example Non Example, Picture And Picture and Problem Based Learning (PBL) model towards students’ concept understanding. Quasi Experimental with Nonequivalent Control Group Design was used as the method by involving three classes, consisting of Example Non Example class, Picture and Picture class, and PBL class. The data were gathered from test and were analyzed using One Way Anova. The result shows that students’ concept understanding in Example Non Example class is 81.52 in the average, Picture and Picture Class is 86.47 in the average, and PBL class is 76.64 in the average. Hence it can be concluded that Picture and Picture learning model is effective to improve students’ concept understanding. The improvement of students’ concept understanding is proven with Gain Analysis which shows that Example Non Example learning model is on medium criterion with average score 0.69, picture and picture learning model is on high criterion with average score 0.86, and PBL model is on medium criterion with average score 0.67. This result shows that based on N-Gain criterion score, the application of Picture and picture learning model is effective to improve students’ concept understanding.


Keywords


Example Non Example, Picture and Picture, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Alwi, I., Saidah, I., & Nihayah, U. (2014). Panduan implementasi kurikulum 2013 untuk pendidik dan tenaga pendidikan. Saraz Publishing.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arini, Yusti. (2009). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dan Aplikasinya Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://yusti-arini.blogspot.com/2009/08/model-pembelajaran-kooperatif.html.

Dewi, N. N. ., Negara, I. G. A. ., & Suadnyana, I. . (2014). MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES BERBASIS LINGKUNGAN BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KAPTEN JAPA Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha. Journal MIMBAR PGSD Universitas, 2(1).

Erwiningsih, W. (2007). PERKEMBANGAN SAINS: Suatu Telaah Atas Pendekatan Paradigma Baru Thomas S. Kuhn. Jurnal Ilmu Hukum, 10(1), 68–86.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran danPembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Belajar.

Lidinillah, D. A. M. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). http://file.upi.edu/Direktori/KD-TASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_%28KD-TASIKMALAYA%29-197901132005011003/132313548 - dindin abdul muiz lidinillah/Problem Based Learning.pdf

Mansur, S., Sulasfiana Alfi Raida., Sukarman Hadil, J.P. 2021. Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Invertebrata. Jurnal Of Biology Education, Vol.$, No.1.

Manto, B., Manalu, E., Irawati, S., Rahman, A., Studi, P., Biologi, P., & Bengkulu, U. (2019). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PENDAHULUAN. 3(1), 81–90.

Mulhayatiah, D. (2005). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pokok Bahasan Gelombang Dan Optik untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas I SMA. UPI.

Pujadi, A. (2007). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia. http://eprints.utm.my/id/eprint/6091/1/aziziyahbrahamMaslow.pdf

Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Nusa Media.

Reflina. 2020. Penerapan MOdel Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Materi Pokok Pembelahan Sel Kelas XII-MIA 2 di SMAN 5 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Dikdaya, Vol. 10, No.1.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Press.

Saleha, W. O., Jahidin, J., & Darlian, L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Parigi Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. JURNAL AMPIBI (Almuni Pendidikan Biologi), 1(1).

Sihombing, P. (2015). Penerapan model example non example dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar IPS terpadu kelas VIII-1 SMP Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Kultura.

Siswono, T. Y. E. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sundari, K., & Andriana, S. (2018). Upaya Meningkatkaan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Artikulasi Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDIT An-Nadwah Bekasi. Pedagogik, VI(2), 109–116.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

UU RI, NO.20, 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Wendi. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI IPA A SMAN 6 Kota Bengkulu Pada Materi Sistem Pencernaan. Universitas Bengkulu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.