Analisis Praktikum IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19

Dwi Kartika Susanti, Nestiyanto Hadi

Abstract


Sistem pendidikan di Indonesia mengalami tantangan baru yang disebabkan adanya pandemi Covid- 19. Sistem pembelajaran sekolah yang pada awalnya dilakukan secara tatap muka dialihkan menjadi metode pembelajaran dalam jaringan (daring) atau pembelajaran jarak jauh. Perubahan tersebut menyebabkan proses pembelajaran menjadi bergeser, salah satunya terhadap kegiatan praktikum pembelajaran IPA. Kegiatan praktikum yang biasanya dilakukan siswa di laboratorium menjadi tidak dapat dilakukan dan berdampak terhadap motivasi belajar yang kemudian berdampak pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran praktikum IPA secara daring terhadap motivasi belajar siswa serta pengaruh pembelajaran praktikum IPA secara daring terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada guru IPA di wilayah Jakarta dan sekitarnya, selanjutnya data diolah dengan menggunakan uji statistika berupa uji validitas, uji regresi (uji t) serta deskriptif dalam bentuk tabel dan diagram. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran praktikum IPA secara daring memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dan juga memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, artinya semakin baik pembelajaran praktikum IPA secara daring yang diberikan oleh guru, maka semakin baik pula motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

 

The education system in Indonesia is experiencing new challenges due to the Covid-19 pandemic. The school learning system which was initially carried out face-to-face was shifted to online learning or distance learning methods. These changes caused the learning process to shift, one of which was on science learning practicum activities. Practical activities that are usually carried out by students in the laboratory cannot be carried out and have an impact on learning motivation which then has an impact on student achievement. This research was conducted with the aim of knowing the effect of online science practicum learning on students' learning motivation and the influence of online science practicum learning on student learning outcomes. This research was conducted by quantitative descriptive method, by distributing questionnaires to science teachers in Jakarta and surrounding areas, then the data was processed using statistical tests in the form of validity tests, regression tests (t-tests) and descriptive in the form of tables and diagrams. In this study, it was found that online science practicum learning has a significant influence on students' learning motivation and also has a significant influence on student learning outcomes, meaning that the better the online science practicum learning provided by the teacher, the better the learning motivation and student learning outcomes.


Full Text:

PDF

References


Ainy, N. S., & Hadi, N. (2021). Making Learning Media for Greenbox Effect Simulator to Improve Understanding of The Concept of The Greenhouse Effect. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies), 5(1), 11-16.

Alimuddin. Tawany Rahamma, dan M. N. (2015). Intensitas Penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana di Universitas Hasanuddin.

Anonim. (2019). novel-coronavirus. Retrieved December 12, 1BC, from WHO website: https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

Bilfaqih, Y., Qomarudin, M. (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: Deep Publish.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.

Hadisi dan Muna. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib (8), 127–132.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid19 pada calon guru: Hambatan, solusi dan proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Kania, R., Hadi, N., & Susanti, D.K. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Online Melalui Pemanfaatan Google Classroom Saat Pandemi Covid-19 Pada Pelajaran Biologi. Sintesa: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1).

Kuntarto, Eko dan Asyhar, R. (n.d.). (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Aspek Learning Design dengan Platform Media Sosial Online sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa.

Larasati, Sari Puteri Deta, Adhetya Cahyani, I. D. L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam (3).

Purwanto, N. (2002). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pudjiastuti, S. R., & Hadi, N. (2020). The Effect of Corona Virus on the Global Climate. JHSS (Journal of Humanities and Social Studies), 4(2), 130-136.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: alfabeta.

Uno, B.H. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v14i1.5049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.