PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS CALON GURU PADA MATA KULIAH BOTANI PHANEROGAMAE

Mr Hadiansah

Abstract


Proses pembelajaran dan keterampilan sebagai bagian dari hasil proses pembelajaran akan efektif dan efisien diantaranya apabila memperhatikan dua aspek penting, yakni metode mengajar dan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran. Salah satu metode atau model yang terus diinovasi oleh para ahli yaitu pembelajaran inkuiri. Terdapat beberapa macam inkuiri, yaitu inkuiri bebas, inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas dimodifikasi. Kegiatan pembelajaran inkuiri dalam botani dapat meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Dalam penelitian ini akan diteliti pengaruh pembelajaran guided inquiry dalam meningkatkan keterampilan proses sains calon guru biologi di UIN SGD Bandung. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa pada mata kuliah Botani phanerogamae. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan berbentuk pretest-postest-control group design, yaitu desain kelompok kontrol pretes dan postes yang melibatkan dua kelompok. Dua kelompok tersebut, yaitu kelompok eksperimen dengan inkuiri terbimbing dan kelompok kontrol dengan inkuiri bebas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pebedaan keterampilan proses sains calon guru biologi yang mendapat pembelajaran dengan inkuiri terbimbing dibandingkan mahasiswa yang mendapat perkuliahan inkuiri bebas pada mata kuliah botani phanerogamae dan tergolong signifikan

 

Kata kunci : inkuiri terbimbing (guided inquiry), keterampilan proses sains, Botani phanerogamae


Full Text:

PDF

References


Ambarsari, W. (2012). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta: Tidak diterbitkan

Anggraeni, S. (2005). Kemampuan Melakukan Inkuiri Bebas dan Dampaknya terhadap Sikap Ilmiah dari Calon Pendidik Biologi. Jurusan Pendidikan Biologi-FPMIPA-UPI : tidak diterbitkan

Anggraeni, S. (2007). Sudahkah calon guru biologi merencanakan pembelajaran biologi sesuai hakekat dengan hakekat sains?. Jurusan Pendidikan Biologi-FPMIPA UPI : Tidak diterbitkan

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aunurrahman.(2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Cronquist, A.(1981). An Integrated system of classificationof flowering plants. New York: Columbia University Press

Dewi, S. (2008). Keterampilan Proses Sains. Bandung: Tinta Emas Publishing

Fraenkel, J. R., Wallen, Norman E., Hyun, Helen H. (2012). How to design and evaluate research in education, 8th Edition. McGraw Hill Inc.

Khumar & Bendre.(2010). A textbook of practical botany 2. India: Rastogi Publication

Kurniawan.(2012). Keterampilan Berkomuniikasi. UNESA : Tidak diterbitkan. [online] tersedia : http://www.slideshare.net/officialbery/bery-toya-toya-keterampilan-komunikasi (13 maret 2014)

Lissa, dkk. (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Sistem Respirasi Dan Ekskresi. ï›onlineï tersedia : http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK [02 April 2014]

Paidi.(2009). “Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry Pada Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta

Pramadi. R.A. (2010). Pengetahuan Laboratorium. Pendidikan Biologi Jur PMIPA FTK UIN SGD Bandung.

Pramadi. R.A. (2010). Phanerogamae Sistem Cronquist dan APG. Pendidikan Biologi Jur PMIPA FTK UIN SGD Bandung.

Pramadi. R.A. (2013). Sistematika Tumbuhan Phanerogamae. Pendidikan Biologi Jur PMIPA FTK UIN SGD Bandung.

Purwanto, N. (2006). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran.Bandung: PT. Rosdakarya

Rustaman, N .(2005). Perkembangan Penelitian Pembelajaran Inkuiri dalam Pendidikan Sains. Fakultas FMIPA UPI Bandung :Tidak diterbitkan

Rustaman, N, dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi.Common Text Book (Edisi Revisi). Jakarta: JICA IMSTEP

Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang:UM Press

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. tersedia [online] di http://jurnal.upi.edu/file/ Euis_Yuniastuti.pdf [01 juli 2013]

Semiawan, Conny, dkk.(1992). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : PT Gramedia

Simpson, M.G. (2006). Plant Systematics. USA: Elsevier Academic Press

Singh, Gurcharan. (2010) .Plant systematics An Integrated Approach. India: Science publisher

Subana. (2000). Statistika Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Sudargo, F & Asiyah, S .(2009). Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa SMA. BIO-UPI : Tidak diterbitkan. ï›onlineïtersedia: http://file.upi.edu/direktori/fpmipa/jur._pend._biologi/195107261978032fransisca_sudargo/artikel_hk_09_fransisca/artikel_hibah_kompetitif.pdf [10 Maret 2014]

Sudjana.(2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.(2011). Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sund, R. B & Trowbridge, L. W.(1973). Teaching science by inquiry in the secondary school. Ohio:Charles E.Merril Publishing Company

Suryobroto. (2009). tersedia [online] di http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Undergraduate-22306-FILE%205.pdf [01 mar 2014]

Takhjatan, A. (2009). Flowering Plants. Rusia: Springer


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.