Pengembangan Bahan Ajar Konsep Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Berbentuk Booklet Elektronik

Annida Nur Rahma, Noorhidayati Noorhidayati, Hardiansyah Hardiansyah

Abstract


Artikel ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tentang uji kesesuaian dan uji keterbacaan bahan ajar konsep sistem pernapasan kelas XI SMA berbentuk booklet elektronik. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian pengembangan dengan memodifikasi model 4-D yaitu di tahap Disseminate hanya dilaksanakan sampai langkah penyebaran sederhana kepada pendidik dan peserta didik. Data diakumulasikan melalui pengisian angket dan instrumen. Booklet elektronik yang dikembangkan memiliki rata-rata skor penilaian oleh subjek ahli pada uji kesesuaian senilai 4,51 yang berarti sangat sesuai sedangkan rata-rata skor penilaian oleh subjek uji coba pada uji keterbacaan senilai 4,40 yang berarti booklet elektronik yang diolah sangat baik sehingga praktis untuk digunakan.


This article purpose to describe the suitability test and readability test of teaching materials for the respiratory system concept for class XI SMA have the form of an electronic booklet.  This research is a development research by modifying the 4-D model, is at the Dissemination stage it is only done with a simple dissemination to educators and students. Data is accumulated through filling out questionnaires and instruments.  The developed electronic booklet has an average score of assessment from expert subjects on the suitability test of 4.51 which means it is very appropriate while the average score of the assessment of test subjects on the readability test is 4.40 which means that the electronic booklet created is very good so practical to use.


Keywords


Bahan Ajar; Booklet Elektronik; Uji Keterbacaan; Uji Kesesuaian; Sistem Pernapasan

Full Text:

PDF

References


Andhani, N. D., Ningsih, K., & Tenriawaru, A. B. (2021). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Inkuiri Terbimbing pada Submateri Invertebrata Kelas X. Jurnal Biologi Edukasi, 13(1), 17–21. https://doi.org/10.1234/jbe.v13i1.20389

French, C. (2013). How to Write a Successful How-to Booklet. The Endless Bookcase.

Hanifah, Afrikani, T., & Yani, I. (2020). Pengembangan Media Ajar E-Booklet Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Biology Education Research, 1(1)(l), 10–16.

Hasanah, A. M., Ismail, & Setyawati, S. M. (2019). Pengembangan Modul Biologi Bernilai Islam Materi Sistem Reproduksi pada Manusia. Bioeduca: Journal of Biology Education, 1(1), 18–28.

Himala, S. P. T. (2017). Keterbacaan Teks Buku Ajar Berbasis Aktivitas Pada Materi Ruang Lingkup Biologi. BIOEDU Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 21–30.

Hoiroh, A. M. M., & Isnawati. (2020). Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA. BIOEDU Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 292–301.

Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Bio - Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(2), 96–99.

Jannah, N. (2020). Strategi Implementasi Kompetensi Guru Biologi dalam Pengembangan Pembelajaran Biologi di Era Disrupsi. Journal Of Biology Education, 3(1), 63. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i1.7422

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628

Mastun. (2017). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Elektronika Lanjut Berbasis Eksperimen. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(1), 95–101.

Pahlifi, D. M., & Fatharani, M. (2019). Android-based Learning Media On Human Respiratory System Material For High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 109–116. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.25111

Panjaitan, R. G. P., Titin, & Wahyuni, E. S. (2021). Kelayakan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.17966

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Purwanto, M. N. (2020). Prinsip- Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosda.

Rizqah, Z., Setyaningsih, M., & Mayarni, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Mikrobiologi dengan Sikap Peduli terhadap Kesehatan Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi. Bioeduscience, 3(1), 7–13. https://doi.org/10.29405/j.bes/317-133162

Sholihah, M., & Sofiyana, M. S. (2019). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mikrobiologi Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 123. https://doi.org/10.32528/bioma.v4i2.3162

Sunariyati, S., Miranda, Y., & Aminah. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Materi Angiospermae Berbasis Etnobotani untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X SMA SMA Negeri 1 Kurun. Bioedukasi, 13(1), 53–60.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran : Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pusta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.