PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA PADA MATERI BIOLOGI

Lia Apriyani, Ilah Nurlaelah, Ina Setiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana penerapan PBL dapat meningkatkan kemampuan keterampilan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan akademik siswa. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan jenis instrumen yang dipilih dalam penelitian ini adalah tes uraian sebagai data utama dan lembar observasi sebagai data pendukung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Darma tahun ajaran 2014/2015  sebanyak 3 kelas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji ANAVA. Dari penelitian ini ditemukan: (1) ada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model PBL, (2) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada  model PBL dan non PBL, (3) tidak ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada  akademik atas, sedang dan bawah, (4) tidak ada interaksi model pembelajaran dan kemampuan akademik dengan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: model PBL, berpikir kritis, kemampuan akademik

Full Text:

PDF

References


Apriyani,N.H.2013.Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Pokok Protista.Skripsi:Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Arends. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Arnyana,I.B.P.2004.Pengaruh Penerapan Model PBL Dipadu Strategi Kooperatif Terhadap Kecakapan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Skripsi : Pendidikan Biologi IKIP Negeri Singaraja

Behar-Horenstein,L.S., Lian,N., 2011.Teaching Critical Thinking Skills in Higher Education: A Rivew of The Literature. Journal of Collage Teaching & Learning.(Online)Vol.8 no.2

Burris,S., Garton, Bryan L.2007. Effect Of Intructional Strategy On Critical Thinking And Content Knowledge: Using Problem-Based Learning In The Secondary Classroom. Journal of Agricultural Education.(Online).Volume 48, Number 1, pp. 106 – 116

Damayanti,R.,Muzzayinah,Puguh,K.2011. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning Berbasis Media Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kebakkramat.Jurnal.Volume3(2):17-25.

Du,XiangYun. Jeppe,E., Egon,T.,Baozh,S.2013.PBL and Critical Thinking Eksposition in Chinese Medical Students-A Recomendized Cross-Sectional Study.Journal Of Problem Based Learning in High Education.(Online) Vol.1 no.1.Page 72-83

Dyas, Sari Devi.2012. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Skripsi.Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/9174/, diakses pada tanggal 07 januari 2015.

El-Shaer. Hala,G. 2014.Imfact of Problrm Based Learning Student’s Critical Thingking Disposition, Knowledge Aquisition And Retention.Jurnal of Education Practice ISSN 2222-1755(paper) ISSN 2222-288X (online)Vol.5.no.14

Hapsari, Pertiwi.2012. pengaruh Inquiry Terbimbing Dengan Diagram V dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal. UNS.

Ibrahim, M. & Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya:UNESAUniversity Press.

Izzaty,R.E.2006.Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Perguruan Tinggi.Paradigma , No.01 Th.I, Januari 2006 . ISSN 1907-297X.

Kusumaningtyas,A. Siti,Z. Sri,E.I.2013.Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Number Head Together Terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis dan Kognitif Biologi.Jurnal Universitas Negeri Malang.

Lestari,Ni N.S.2012.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas VII SMP. Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Masek,A., Sulaiman,Y.2011.The Effect Of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability:A Theoritical And Empirical. Journal Asian Social Science.Review.(Online).V0l.2,no.1.PP.215-221

Oktaviani,L. N,Dantes, W,Sadia.2004.Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Assessment Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Universitas pasca sarjana Universitas pendidikan GANESHA

Pantiwati, Yuni.2013. Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Biologi.Jurnal. Malang.http://www.academia.edu/6583257/, diakses pada tanggal 01 januari 2015.

Putera,IdaB.N.S.2012.ImplementasiProblem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi SMA Ditinjau dari Intelligence Quotien ( IQ). Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Saleh,M.2013.Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem Based Learning.Jurnal Ilmiah Didaktika.vol 14 (1), 190-220.

Setiawan,I.G.N.2008. Penerapam Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Singaraja. Undiksha

Snyder,L.G & Snyder.M.J. 2008.Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. Journal The Delta Pi Epsilon. Volume L, No. 2, Spring/Summer.

Susantini,endang.2010. Efektifitas Perangkat Pemblajaran Biologi Berbasis Strategi Metakognitif Ditinjau dari Kemampuan Siswa dan Kategori Sekolah.Jurnal FMIPA UNS

Trianto.2010.Mendesain Model Pembeajaran Inovatif-Progresif.Jakarta: Kencana

Wulaningsih,Sri.2012.Pengaruh Model Pembelajaran Inqury Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa SMA Negri 5 Surakarta. Jurnal. UNS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.