Motivasi Belajar Dapat Ditingkatkan Menggunakan Media Monopoli pada Peserta Didik SMP Negeri 4 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar

Suarni Suarni, Muh Rapi, Eka Damayanti, Safei Safei

Abstract


Adanya pandemi covid 19 mengharuskan pembelajaran pada masa new normal dilaksanakan dengan mengkombinasikan luring dan daring yang mengakibatkan perlunya pendidik menggunakan media yang bervariasi. Salah satu media yang menarik diterapkan yakni media monopoli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran motivasi belajar setelah pembelajaran menggunakan media monopoli peserta didik kelas IX SMPN 4 Polongbangkeng Utara. Penelitian jenis deskriptif ini menggunakan instrumen pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik deskriptif. Hasil penelitian adanya perbedaan motivasi belajar yang diajar menggunakan media monopoli dengan yang tanpa diajar menggunakan media monopoli. Rata-rata skor motivasi peserta didik yang diajar menggunakan media monopoli lebih tinggi (sebesar 84) dibanding skor motivasi peserta didik tanpa diajar menggunakan media monopoli (sebesar 42) artinya penggunaan media pembelajaran monopoli dapat meningkatkan motivasi belajar materi sistem koordinasi dan alat indera pada peserta didik kelas IX SMPN 4 Polongbangkeng Utara. Oleh karena itu penggunaan media monopoli dapat direkomendasikan untuk digunakan pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik selama menjalani pembelajaran di era new normal.


Full Text:

PDF

References


Ahmadha, T. (2018). Pengaruh Media Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Jemundo 2 Sidoarjo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Aryani, N., D., et al. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sel (Monosel). Jurnal Biotek, 7(1), 48–57. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/7165

Asyhar. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Badra, D. J. (2021). Pembelajaran Kooperatif Teknik Sfae Berkarakter Menggunakan Kertasa-B-G Berbantuan Kotak Misterius Melalui Permainan Monopoli A-B-G Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 86-98. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/19008

Bahri, A., & Corebima, A. D. (2015). The Contribution of Learning Motivation and Metacognitive Skill on Cognitive Learning Outcome of Students Within Different Learning Strategies. Journal of Baltic Science Education, 14(14), 487–500. http://journals.indexcopernicus.com/abstract.php?icid=1169904

Chintia Leo Gunadi dan William Gunawan. (2017). Hubungan Motivasi Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa SMA X Jakarta Barat. Journal NOETIC Psychology, 4(1), 23–42. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/viewFile/15958/9515

Dana, R., D., Arsi, P., & Karim, S. (2017). Media Pembelajaran Budaya Berbasis Permainan Monopoli. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 16(1), 7–12. https://ejournal.ikmi.ac.id/index.php/jict-ikmi/article/download/14/pdf

Detty, E. (2019). Media Pembelajaran Monopoli untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Kalor. Progam Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Erfayliana, Y. (2016). Aktivitas Bermain dan Perkembangan Jasmani Anak, 3(1), 145–158. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1334/1061

Fatih, M., & Alfi, C. (2021). Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar. 5(1), 51–62. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/download/315/285

Fauziah, Ikhsan Maulana, dan A. I. (2019). Penerapan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPA dengan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di Kelas IV SDN 60/Ii Muara Bungo. Jurnal Borneo Cendekia, 3(2), 40–46. http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JIPTI/article/view/472

Fitriyawany, F. (2013). Penggunaan Media Permainan Monopoli Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mahasiswa Fisika Fakultas Tarbiyahdengan Konsep Tata Surya. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 223–239. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.475

Gazali, N. dan Z. (2018). Media Pembelajaran Permainan Monopoli Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan. 6(2), 103–107. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/bioscientist/article/view/2389/1738

Gintings, A. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Mengajar. Bandung: Humaniora.

Gumilang, J. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd Negeri 1 Gondang. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1112

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah. (2008). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jamilah, F. K. N. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Monopoli Dalam Pembelajaran Akuntansi Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Akuntansi 2 Smk Negeri 11 Bandung Tahun 2013/2014 Pada Standar Kompetensi Memproses Entri Jurnal). Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 3(1), 33. https://doi.org/10.17509/jpak.v3i1.15431

Kurniawan, D. A. (2018). Penggunaan Media Belajar. Pemanfaatan Ict Pada Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Kota Tangerang, 3, 341. http://ratnawati.weblog.esaunggul.ac.id/

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. 9(1), 30–39. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/33586

Maryam, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 88–97. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf

Mulianingsih. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa di Kelas XII IPS SMA Negeri 4 Depok. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mulyono. (2010). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Pribadi. (2011). Model Assure untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat.

Rohman, M. A., & Mutmainah, S. (2015). Pengembangan Media Permainan Monopoli dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas VI SDN Tanamera I. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3(1), 47–56. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/10165/9933

Sardiman. (2013). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, Y. P., Lusa, H., & Gunawan, A. (2017). Pengaruh Media Permainan Monopoli terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Gugus 15 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 229–236. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/juridikdasunib/article/view/9808

Setyowati. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 13 Semarang. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang.

Sudjana, N. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

Suciati, S., et al. (2015). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 175–188. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1328

Ulfa, F. (2019). Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di MAN Kota Kediri 3. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://etheses.uin-malang.ac.id/5035/.

Vikagustanti, D. A., Sudarmin, S., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembanga Media Pembelajaran Monopoli tema Organisasi Kehidupan Sebagai Sumber Belajar Untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 3(2), 1–10. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1862646

Wahyuningsih, P. (2011). Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi kelas XI Madrasah Aliyah Al-Iman Kota Magelang. Jurusan Sosiologi dan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Widiasworo, E. (2018). 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.

Yurika, A. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Heads Together (NHT) dengan Media Permainan Monopoli terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi. 3(1), 11–20. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTM/article/view/9864/0


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.