UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA MANUSIA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Jeje Sudarja

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahuipeningkatan  keterlaksanaan pembelajaran berbasis masalah, berpikir kritissiswa dan peningkatan respon siswa di kelas IX B SMPN I Karangkancana pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Subjek Penelitian Tindakan Kelas adalah siswa  kelas IX Btahun pelajaran 2015/2016yang terdiri atas 14 perempuan dan 17 laki – laki (31 siswa).Rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang digunakana sistem spiral refleksi diri yang setiap siklus meliputi rencana (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi tindakan. Siklus 1 meliputi konsep indra penglihatan manusia, dan siklus 2 meliputi konsep indra pendengaran manusia. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa : 1.Terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dari sisi siswa katagori “cukup†untuk siklus 1 (64,06%) meningkat jadi kategori “baik†untuk siklus 2 (78,65%) sedangkan dari sisi guru pada siklus 1 (81,25%) dan siklus  2 (83,85%) masuk kategori “baikâ€. 2. Terjadi  peningkatan  berpikir kritis  berdasarkan nilai rata - rata sebesar 6,16% dengan peningkatan katagori “cukup†untuk siklus 1 (67,82%) menjadi kategori “baik†untuk siklus 2 (73,10%). 3.Terjadi peningkatan respon siswa berupa respon positif sebesar 75,06% dengan interpretasi “hampir seluruhnya†untuk siklus 1 dan menjadi 93,28 dengan interpretasi “hampir seluruhnya†untuk siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX B pada materi sistem  indra manusia di SMPN I Karangkancana Tahun pelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci        :  Berpikir Kritis, Sistem Indra Manusia, Pembelajaran Berbasis Masalah


Full Text:

PDF

References


Amarila,RS., Habibah, N A., Widiyatmoko, A.2014.Pengembangan Alat Evaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada pembelajaran IPA Terpadu Model Webbed Tema Lingkungan.Unnes Science Education Journal 3 (2) : 16-19

Cambell, Reece.2004. Biology .Jakarta:Erlangga

Costa, A L, 1991. Developing Minds A Resourcw Book For Teaching Thinking. AlexandriaVirginia : Revisc d Edition, Volume 1.Association for Supervision and Curriculum Development

Hartono, R. 2013. Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Jogyakarta : Diva. Press.

Hassoubah, Z I. 2008.Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis.Bandung : Nuasa.

Kasbolah dan Sukarnyana.2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang:Universitas Negeri Malang.

Lidyawati.2014. Penggunaan Peta Konsep Untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa.Skripsi tidak diterbitkan . Jakarta : Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh.

Novak, Canas. 2008. The Theory Underlying Concepts Maps and How to Construct Use Them (Technical Report IHMC Cmap Tools 2006-01 Rev 01-2008). Pensacola,Florida Institut For Human and Manchine Cognition(online),(http://ihmc.cmap.tools/science.html), diakses 28September 2015

Nuryani, R.2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang :Universitas Malang Press.

Rahayu, Yuli Sri. 2012. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Synergetic Teaching (Pengajaran Sinergis) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Luragung. Skripsi tidak diterbitkan. Kuningan : Jurusan pendidikan Biologi FKIP Universitas Kuningan.

Rusmono.2014.Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung :Alfabeta.

Susilo, A B. 2012.Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa SMP.Journal of Primary Educational 1 (1): 45-48

Syaifudin.2006.Anatomi Fisiologi Untuk Mahasiswa Kedokteran. Jakarta : EGC.

Trianto.2011. Mendesain Model Pebelajaran Inovatif Progresif.Jakarta :Kencana Prenada Media.

Vanides, Yin, Y., Tomita, M., Ruiz-Primo .2005.Using Concept Maps In The Science Clasrooom. National Science Teachers Association (NSTA). Reprinted with permission from Science Scope, Vol. 28, No. 8, (online),(http://ihmc.cmap./scien ce.html), diakses 15September 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.