ANALISIS PROFIL KEMAMPUAN BERARGUMENTASI GURU DAN MAHASISWA CALON GURU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL TOULMIN’S ARGUMEN PATTERN (TAP) DAN UPAYA PERBAIKANNYA

Ina Setiawati, Ilah Nurlaelah

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di lapangan diketahui bahwa kemampuan berargumentasi mahasiswa  calon guru dalam pembelajaran microteaching belum banyak berkembang, seperti yang dipaparkan oleh Nurlaelah et al. (2014), diketahui rendahnya profil berargumentasi mahasiswa calon guru ditunjukkan oleh rendahnya keterampilan dasar mengajar yaitu memberi penguatan konsep (30%) dan keterampilan profesional pada indicator penguasaan materi (30%) secara umum mahasiswa calon guru masih kurang mampu dalam merespon solusi pemecahan permasalahan dari siswa ketika pembelajaran microteaching.  Hal ini bukan kesalahan para guru sepenuhnya, namun dapat menjadi salah satu kegagalan dari pendidikan sebelumnya yang pernah guru dapatkan yaitu LPTK. Tujuan umum penelitian ini adalah menganalisis profil kemampuan berargumentasi guru dan mahasiswa calon guru dalam pembelajaran biologi dan upaya perbaikan yang dapat dilakukan LPTK, target penelitian ini meliputi mendapatkan informasi kemampuan berargumentasi guru dan mahasiswa calon guru dalam pembelajaran biologi serta mengupayakan perbaikan terhadap kualitas kemampuan berargumentasi pada mahasiswa calon guru di LPTK khususnya di FKIP Universitas Kuningan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik clusstering, dimana data diperoleh dengan menggunakan rubric argumentasi  dan argumentasi partisipan di petakan menggunakan model Toulmin’s Argumen Pattern (TAP) kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian umumnya kemampuan partisipan berada pada level 2 yaitu mampu men­gungkapkan klaim dengan alasan (warrant) tetapi masih jarang yang mengungkapkan dukungan (backing) terhadap klaimnya, dan belum ada sanggahan. terdapat sekitar 10 % guru dan 17 % mahasiswa calon guru yang mencapai level 3 kemampuan argumentasinya, sedangkan hanya sekitar 6% mahasiswa calon guru yang mencapai level 4. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam perbaikan kemampuan berargumentasi pada mahasiswa calon guru, salah satunya program IDEAS, inovasi kurikulum, strategi pembelajaran yang berfokus  bagaimana argumen  dimodelkan, serta penggunaan masalah/isu socioscientific  dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: profil keterampilanan berargumentasi, model Toulmin’s Argumen Pattern (TAP)


Full Text:

PDF

References


Driver, R. (1998). Establishing the Norms of Scientific Argumentation in Classrooms, Science Education, 85 (3),287- 312.

Eduran, S, and Aleixandre, J. (2007) Argumentation in Science Education. Perspectives from Classroom_Based Research, London: Spinger.

Erduran, S., Simon., & Osborne, J. (2004), TAPing into argumentation: Developments in the application of Toulmin’s argument pattern for studying science discourse, Science Education, 88, 915-933

Fennny Roshayanti dan Nuryani Y Rustaman. 2013. Pengembangan Asesmen Argumentatif Untuk Meningkatkan Pola Wacana Argumentasi Mahasiswa Pada Konsep Fisiologi Manusia.

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Komposisi Lanjutan III. PT. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta

Kuhn, D. (1993). Science as argumen: Implications for teach¬ing and learning scientipic thinking

Mijung Kim & Robert Anthony & David Blades. (2014). Decision Making Through Dialogue: a Case Study of Analyzing Preservice Teachers’ Argumentation on Socioscientific Issues. Res Sci Educ.DOI 10,1007 / s11165-014-9407-0.Springer Science&Business Media Dordrecht. Department of Curriculum and Instruction, University of Victoria, Victoria, Canada. (diakses tanggal 18-10-2016)

Riezky Maya Probosari, Murni Ramli, Harlita, Meti Indrowati, Sajidan. (2016). Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS Pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Jurnal BIOEDUKASI 9 (1): 29-33, Februari 2016.

Sandoval, W.A & Millwood, K.A. (2008) What Can Argumentation Tell Us About Epistomology?.Dalam Erduran, S., & Maria, PJ., (Eds) Argumentation in Science Education, London: Spinger Science

Sandoval. (2005). The Quality Of Students Use Evidence In Writen Scientific Explanation Cognition And Intruction. Journal International Of Science Education.

Saracaloglu, A. S., Aktamis, H., & Delioglu, Y. (2011). The Impact of The Development of prospective Teacher’s Critical Thinking Skill on Scientific Argumentation Training and on Their Ability To Construct an Argument. Journal of Baltic ScienceEducation Vol. 10 No.4, hlm. 243-260.

Sibel Erduran, Dilek Ardac & Buket Yakmaci-Guzel. (2006). Learning To Teach Argumentation: Case Studies Of Pre-Service Secondary Science Teachers. Eurasia J. Math. Sci. & Tech. Ed. / Vol.2 No.2, July 2006. www.ejmste.com (diakses tanggal 9-2-2016)

Silviana Hendri dan Aprina Defianti. (2015). Review: Membentuk Keterampilan Argumentasi Siswa Melalui Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (SNIPS 2015) 8 dan 9 Juni 2015, Bandung, Indonesia. (ISBN: 978-602-19655-8-0). (diakses tanggal 1 Desember 2016)

Y. Herlanti.(2014). Analisis Argumentasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Isu Sosiosainfik Konsumsi Genetically Modified Organism (GMO). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia/JPII 3 (1) (2014) 5159 sumber: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii (diakses tanggal 26 November 2016)

Yanti Roshayanti. (2014). Quality Of Student Written Argumentation On The Concept Of Human Physiology Based On AASSC (Argumentative Assessment by Standpoint Scaffolding and Coding) Journal Bioma, Vol. 3, No. 2, Oktober 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.