Pengembangan Panduan Praktikum Perkembangan Hewan Berbasis Inkuiri pada Materi Siklus Estrus

Adinda Mutiara Ulfa, Jodion Siburian, Winda Dwi Kartika

Abstract


Panduan praktikum perkembangan hewan yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi belum berbasis inkuiri sehingga mahasiswa kurang aktif memecahkan masalah pada saat melakukan praktikum. Perlu adanya pengembangan panduan praktikum yang dapat membuat mahasiswa lebih aktif dalam memecahkan masalah dan diperlukannya pembaruan informasi dari panduan praktikum yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan mengetahui respon mahasiswa terhadap panduan praktikum perkembangan hewan berbasis inkuiri pada materi siklus estrus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Developmen (R&D) dengan model pengembangan 4D. Tahapan prosedur pengembangan, yaitu define, design, development, dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi materi, angket validasi media, dan angket respon mahasiswa. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator materi diperoleh skor sebesar 90,6% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator media diperoleh skor sebesar 96% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil ujicoba pada mahasiswa skala kecil diperoleh skor sebesar 83,3% dengan kriteria “layak” dan hasil ujicoba pada mahasiswa skala besar diperoleh skor sebesar 85,70% dengan kriteria “sangat layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum perkembangan hewan berbasis inkuiri pada materi siklus estrus dinyatakan layak untuk digunakan dalam praktikum perkembangan hewan.

Keywords


Panduan Praktikum, Model Pembelajaran Inkuiri, Siklus Estrus.

Full Text:

PDF

References


Agustina, E. (2016). Analisis Kesesuaian Materi Kuliah dengan Materi Praktikum Biologi Bidang Tumbuhan pada Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry. Jurnal Biotik, 4(2), 156–162.

Agustina, P., & Ningsih, I. W. (2017). Observasi Pelaksanaan Praktikum Biologi di Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta T.A. 2015/2016 Ditinjau dari Standar Pelaksanaan Praktikum Biologi. Bioeducation Journal, I(1), 34–43.

Anggo, O., Budiarsih, E., & Marfu’ah, S. (2019). Panduan Praktikum Biokimia II Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penenltian, Dan Pengembangan, 4(7), 880–884.

Arifah, I., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry Untuk Mengoptimalkan Hands On Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Radiasi, 5(1), 24–28.

Arywiantari, D., Agung, A. . G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 singaraja. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12.

Harahap, J., Sari, N., Pane, S. A.-Y., & Nuraini, N. (2019). Analisis Kelayakan Buku Panduan Praktikum Kimia Kelas XII Semeter II Berdasarkan BSNP Sesuai Kurikulum 2013. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(1), 194–198. https://doi.org/10.32734/st.v2i1.341

Jelita, Y., Handayani, D., & Amida, N. (2021). Pengembangan KIT (Komponen Instrumen Terpadu) Praktikum Kimia Berbasis Guided Inquiry pada Materi Asam Basa. Alotrop: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 5(2), 149–158.

Kurniawati, D., Masykuri, M., & Saputro, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X Mia 4 SMA N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 5(1), 88–95.

Muljono, P. (2007). Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BSNP Media Komunikasi Dan Dialog Standar Pendidikan, 11(1), 1–24.

Safitri, D., & Hartati, T. A. W. (2016). Kelayakan Aspek Media dan Bahasa dalam Pengembangan Buku Ajar dan Multimedia Interaktif Biologi Sel. Jurnal Vlorea, 3(2), 9–14.

Silfianah, I. (2020). Development of Multiple Representation-Based General Chemistry Textbook Using Guided Inquiry. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 5(2), 180–196. https://doi.org/10.30870/educhemia.v5i2.7508

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 196–203. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.585

Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v14i2.5134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.