PENERAPAN PEMBELAJARAN MORFOLOGI TUMBUHAN MELALUI OUTDOOR ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN MULTIPLE INTELLEGENCIES MAHASISWA

Lilis Lismaya, Rahma Widiantie

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembelajaran Morfologi Tumbuhan Melalui Outdoor Activities  terhadap peningkatan Multiple Intellegencies mahasiswa, menganalisis perbedaan hasil antara tes awal dan tes akhir pada pembelajaran Morfologi Tumbuhan Melalui Outdoor Activities terhadap peningkatan Multiple Intellegencies mahasiswa, , mengungkap respon mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran Morfologi Tumbuhan Melalui Outdoor Activities terhadap peningkatan Multiple Intellegencies mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah weak experimental atau eksperimen lemah dengan desain penelitian The One-Group Pretest-Posttest Design (Fraenkel, 2007). Dalam penelitian ini hanya menggunakan 1 kelas eksperimen yang diberikan perlakuan untuk menilai pengaruh dari perlakuan tersebut, tanpa dibandingkan dengan kelas control. Instrumen yang digunakan adalah soal Multiple Intellegences. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1)Terdapat perbedaan hasil antara tes awal dan tes akhir pada Multiple Intellegencies mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran morfologi tumbuhan melalui Outdor Activities; 2) Terdapat peningkatan Multiple Intellegencies mahasiswa terutama kecerdasan naturalisnya melalui pembelajaran Outdoor Activities pada pembelajaran morfologi tumbuhan; 3) Respon positif dari mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran Outdoor Activites pada mata kuliah morfologi tumbuhan terhadap peningkatan Multiple Intellegencies mahasiswa.

 

 

Kata kunci: Morfologi Tumbuhan, Outdoor Activities, Multiple Intellegencies

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. & D.R. Krathwohl. ( 2001). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran Dan Asesmen Agung Prihantoro (penerjemah). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, seventh edition. Mc Graw-Hill Companies. New York.

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S.(2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Blum and Niss,Bransford and Stein,Brookhart, S. 2010, How to Assess Higher-Order Thingking Skills In Your Classroom, Alexandria, Virginia USA, ASCD.

Brookhart, S. (2010). How to Assess Higher-Order Thingking Skills In Your Classroom, Alexandria, Virginia. USA : ASCD.

Dahar R. W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Fraenkel,J.R & Wallen,N.E. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education. San Francisco : Mc Graw-Hill Higer Education.

Hamzah, A. (2009). Teori Multiple Intelligences dan Implikasinya terhadap Pengelolaan Pembelajaranâ€. Jurnal Tarbiyah Aqidah Usymuni Sumenep. 4, (2), 253-260.

Hernandez, J.V. (2010). “Multiple Intelligences as a New Paradigm in the Education of Mexicoâ€. International Journal of Education. 2, (1), 5-16.

King, Goodson& Rohani. (2008). Higher Order Thingking Skills (Definition, Teaching strategies and Assesment). Educational Service Program.

Lazear, D. (2004). Higher-Order Thinking (The Multiple Intelligences Way). USA : Zephyr Press.

Mousavi, S.S., Ahmadi, F. (2013). “Education Effect Based on Gardner Multiple Intelligence Hypotheses in Students Mathematics Education Progress of High School Second Grade in Garmsar Cityâ€. International Journal of Social Science (IJSS). 3, (1), 25-30.

Novak J. D dan Gowin D. B. (1984). Learning How to Learn. Cambridge: Cambridje University Press.

Rahmat, A. (2011). Petunjuk Praktikum Morfologi Tumbuhan. Bandung : Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Bandung.

Sibel., Ibrahim, A. (2013). “The Effect of Multiple Intelligence Theory Based Teaching on Student’s Achievement and Retention of Knowledge (Example of The Enzymes Subject)â€. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. 4, (3), 28-32.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjitrosoepomo, G. (1988). Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Trianto.(2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.