PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK DI SMA

Tita Riani Komala, Ilah Nurlaelah, Ina Setiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penalaran siswa siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan akademik di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain faktorial eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Jalaksana di tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 5 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan tes uraian, metode observasi  (assesment kinerja kemampuan penalaran, lembar observasi PBL, dan self assesment) dan dokumentasi. Uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik parametrik dalam hal ini untuk uji hipotesis peningkatan menggunakan uji t didapatkan p < 0,05 yaitu 0,044 < 0,05 yang artinya ada peningkatan kemampuan penalaran siswa dan uji two way anava untuk mengetahui penerapan model PBL diantaranya : (1) Ada perbedaan kemampuan penalaran siswa yang menerapkan model PBL dan yang tidak menerapkan  model PBL (p < 0,05; 0,000 < 0,05). (2)Tidak ada perbedaan kemampuan penalaran siswa berdasarkan kemampuan akademik (p > 0,05; 0,203 > 0,05).(3) Tidak ada interaksi antara model PBL dan kemampuan akademik dengan penalaran (p > 0,05; 0,981 > 0,05).

Kata Kunci : Model PBL, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Akademik


Full Text:

PDF

References


Arends, I Richard. 2007. Learning to Teach. (diterjemahkan oleh: Helly dan Sri). Yogyakarta : Pustaka

ES, Rahmawati Yeni dan Idris Hata. (2014). Keefektifan Pendekatan Open-Ended dan CTL Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika (Online), Volume 1 (1), Halaman 113 – 126. Tersedia:

http://journal.uny.ac.id (25 Juli 2015)

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika (Online), ISSN 1412-565X. Edisi khusus (1). Tersedia: http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf (24 Juli 2015)

Herdy. (2010). Kemampuan Penalaran Induktif (Online). Tersedia: https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-penalaran-induktif/ (20 Juni 2015)

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. (Online). Jurnal Cakrawala Pendidikan: Februari 2007, Th. XXXVI. No 1.http://eprints.uny.ac.id/398/1/pembelajaran_berbasis_masalah. pdf, 23 Mei 2015.

Hindrasti K.E Nur dkk. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen disertai Teknik Roundhouse Diagram dan Mind Map Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri (Online). ISSN:2252-7893,Volume 3 (2), halaman 75-85. Tersedia: http://jurnal.fkip.uns.ac.id (25 Juli 2015)

Koray, Ozlem dan Abdullah Koray. (2013). The Effectiveness of Problem-Based Learning Supported with computer simulations on reasoning Ability. Procedia-Social and Behavioral Sciences 106 (Online) Halaman 2746-2755. Tersedia : www.sciencedirect.com (25 Juli 2015)

Magsino,M. Richard. (2014). Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem-Based Learning. Asia Pasific Journal of Multidisciplinary Reasearch (Online). P-ISSN 2350-7756, E-ISSN 2350-8442, Volume 2 (5), Halaman 1-6. Tersedia: www.apjmr.com (25 Juli 2015)

Martomidjojo, Russamsi, dkk. (2011). Pembelajaran Biologi Sel Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Concept Attainment Model. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi (Online). Tersedia:

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php./prosbio/article/view/965/619 (14 Juni 2015)

Permana dan Utari. (2007). Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Educationist (Online). ISSN : 1907 – 8838, Volume 1 (2). Tersedia: http://file.upi.edu, (20 Juni 2015)

Priadi, Agus Media, dkk. (2012). Pembelajaran Biologi Model PBL menggunakan Eksperimen Laboratorium dan Lapangan Ditinjau dari Kemamapuan Berfikir Analisis dan Sikap Peduli Lingkungan. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS (Online). Volume 9 (1) Tersedia :

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1097 (26 Juni 2015)

Putri, Eka Ayu. (2014). Kemampuan Penalaran Siswa Kelas X IPA SMA Terkait Dengan Konsep Biologi. (Online). Tersedia: http://prosiding.upgrismg.ac.id/, (13 Januari 2015)

Riduwan. 2009. Belaja Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Ruhyatin. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kerangka Instruksional Marzano Terhadap Kecerdasan Naturalis Siswa Kelas X Pada Konsep Tumbuhan di SMA Negeri 3 Kuningan. Skripsi. Universitas Kuningan.

Rusman. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (Online). ISSN: 0852-1190, Edutech, Tahun 13, Volume 1 (2). Tersedia: http://jurnal.upi.edu (26 Juli 2015)

Santoso, Tri dan Supriadi. (2014). Pembelajaran Penalaran Argumen Berbasis Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia Universitas Negeri (Online). Tersedia: http://fmipa.unesa.ac.id (26 Juli 2015)

Sugianto, Mikael. 2010. Seri Belajar Cepat SPSS 18. Jogjakarta: Andi Offset.

Susanti, Rahmi. (2013). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Praktikum Fotosintesis dan Respirasi untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Seminar Kenaikan Jabatan Lektor Pada Fakultas-FKIP Unsri (Online). Tersedia : http://eprints.unsri.ac.id (26 Juli 2015)

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trihendradi,C. 2010. Step By Step SPSS 18 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: ANDI.

Wicaksono, Grahato Anggit dkk. (2013). Penggunaan Pendekatan Kontekstual Melalui Media Simulasi Animasi Komputer dan Film Pendek Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Analitis dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri (Online). ISSN:2252-7893,Volume 2 (1), halaman 55-65. Tersedia:

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains (1 Juli 2015)

Wulanningsih, Sri dkk. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi (Online). Volume 4, halaman 33-43. Tersedia: http://jurnal.sttn-batan.ac.id (26 Juli 2015)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.