PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA KONSEP SPESIASI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada konsep spesiasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi-experimental research) dengan subjek penelitian mahasiswa prodi pendidikan biologi sebanyak dua kelas terdiri dari 1 kelas eksperimen dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan 1 kelas kontrol dengan menggunakan Pembelajaran Pemecahan Masalah. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah The Matching-only Pretest-Posttest Control Group Design . Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil uji t kemampuan berpikir kritis menunjukkan signifikasi 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan berpikir kritis. Indeks gain kemampuan berpikir kritis = 0,463 termasuk kategori sedang. Hampir seluruhnya (75%) tanggapan mahasiswa pada pembelajaran spesiasi melalui pembelajaran berbasis masalah adalah positif.Â
Â
Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, konsep spesiasi.
References
Anderson, L.W. & D.R. Krathwohl. (2001). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran Dan Asesmen Agung Prihantoro (penerjemah). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, seventh edition. Mc Graw-Hill Companies. New York
Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Aunurrahman. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.
Bilgin, I.,Senocak, E. (2009). : “The Effect of Problem Based Learning Instruction on University Students’ Performance of Conceptual and Cuantitative Problemsâ€. Eurasial Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 5, (2),153-164.
Dahar,R.W. (1996). Teori-Teori Belajar: Jakarta, Penerbit Erlangga
Delisle, Robert. (1997). How to Use Problem-Based Learning in the Classroom. USA : ASCD.
Elaine H. J. Yew. Esther Chng. Henk G. Schmidt. (2011). : “Is learning in problem-based learning cumulative?â€. Adv in Health Sci Educ 16:449–464.
Folmer, V. dan Nilda B. (2009). :â€Experimental activities based on ill-structured
problems improve Brazilian school students’understanding of the nature of scientific knowledgeâ€. Revista Electrónica de Enseñanza de las Ciencias. 8, (1).
Jhonson L.V. & Jhonson, A.B. 1970. Classroom Management. London: MacMillan.
Joyce B, Weil M, Calhoun E. (2009). Models Of Teaching. Ahmad F, Ateilla M (penerjemah). Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Kunandar. (2009). Dosen Profesional: implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Munir. (2008). Prinsip Dasar Pembelajaran Aktif. Bandung: UPI dan CV. Alfabeta
Nachamma Sockalingam, N. dan Schmidt.H.G. (2011). “Characteristics of Problems for Problem-Based Learning: The Students’ Perspectiveâ€. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. 5, (3)..
Richard J. Stiggins. (1994). Student – Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan
Robert H.Ennis. (1996). Critical Thinking. New York : New York Times Company
Sagala,S., (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta.
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Putra Grafika.
Serene S. Y., Jerome I. Rotgans.,Elaine H. J. Yew.,Henk G. Schmidt. (2011). : â€Effect of worksheet scaffolds on student learning in problem-based learningâ€. Adv in Health Sci Educ.16, 517–528.
Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alvabeta cv.
Sri Sukaesih. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum dengan Menerapkan Asesmen Tes Lisan Pada Topik Keanekaragaman hayati Untuk mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Tesis UPI Bandung : Tidak Diterbitkan.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis Dan Implementasinya. Jakarta. Prestasi Pustaka.
Yenice, Nilgun. (2011). : “Investigating pre-service Science Teachers’ Critical Thinking Dispositions and Problem Solving Skills in Terms of Different Variablesâ€. Educational Research and Reviews. 6, (6), 497-508.
Copyright (c) 2017 Quagga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.