Daya Ingat Belajar Dengan Teknik CAWAN PETRI (Catatan Warna-Warni Petunjuk Ringkasan) Dan Teknik Catatan Linear Materi Sistem Pencernaan

Nuradni Nuradni, Misykat Malik Ibrahim, Syahriani Syahriani, Syamsul Syamsul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya ingat belajar peserta didik dengan teknik CAWAN PETRI (Catatan Warna-Warni Petunjuk Ringkasan) dan daya ingat belajar peserta didik dengan teknik catatan linear pada materi sistem pencernaan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi eksperiment design), menggunakan populasi seluruh peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Pesantren GUPPI Samata, dengan sampel berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik kelompok eksperimen (XI.A) dan 15 peserta didik kelompok kontrol (XI.B) menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini yaitu tes daya ingat belajar berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 nomor. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji prasyarat dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian yang diperoleh, berdasarkan analisis deskriptif nilai pretest dan posttest peserta didik dengan bantuan SPSS versi 23, pada kelas eksperimen dengan teknik CAWAN PETRI yaitu nilai rata-rata pretest 30,00, dan nilai rata-rata posttest 87,00. Sedangkan pada kelas kontrol dengan teknik catatan linear nilai rata-rata pretest 29,00, dan nilai rata-rata posttest yaitu 65,33. Berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tersebut sama- sama mengalami peningkatan, sehingga diketahui bahwa kedua teknik mencatat tersebut baik teknik CAWAN PETRI maupun teknik catatan linear memberikan dampak positif terhadap peningkatan daya ingat peserta didik. Teknik CAWAN PETRI diperoleh kenaikan nilai rata-rata sebesar 57,00 sehingga daya ingat peserta didik mengalami lebih banyak peningkatan, dibandingkan pada kelas kontrol dengan teknik catatan linear diperoleh kenaikan nilai rata-rata sebesar 36,33 sehingga daya ingat peserta didik mengalami lebih sedikit peningkatan. Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 (sig < 0,05) sehingga sesuai dengan kriteria pengujian, hal ini menunjukkan terdapat perbedaan daya ingat belajar peserta didik dengan teknik CAWAN PETRIdan teknik catatan linear pada materi sistem pencernaan.


Keywords


daya ingat belajar siswa, teknik CAWAN PETRI (Catatan Warna-warni, Petunjuk Ringkas), teknik notasi linier

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, M., M. 2012. Pengembangan Instrumen Pengukur kecerdasan Emosional Siswa Berbakat Intelektual. Jurnal Evaluasi Pendidikan. 3(2): 176.

Ida, A., and Rahayu K. 2014. Perilaku Mencatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar. Jurnal Psikologi Udayana. 1(2): 242.

Indriana, D. 2011. Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Jogjakarta: Diva Press.

Khoo A., and Gray L.2009.Secrets of Successful Teens. Jakarta: PT Gramedia.

Kurikulum, P. 2006. Badan Peneliti dan Pengembangan Kegiatan Belajar Mengajar yang Efektif. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Lucic, M., E., and Patricia K., R. 2018. The Integration of Color and the Retention of Text. Journal of Student Research: 1-2

Mustami, M., K. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aynat Publishinf.

Porter, B., D., dkk. 2002. Quantum Teaching, Mempraktikkan Kuantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: kaifa.

Sarbana, B. 2009. Cerdas Tanpa Batas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sujarwo, S., and Oktaviana R. 2017. Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Siswa Kelas Viii Smp N 37 Palembang. Jurnal Psikologi Islami. 3(1): 41.

Syahriani and Sofyan. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Materi Pteridophyta pada Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2): 119.

Sim, W., L., and Amir H., S. 2012. Penggunaan Peta Minda untuk Meningkatkan Daya Mengingat dan Minat Mengulang Kaji Bagi Pelajar Tahun 4 dalam Topik Pembiakan Tumbuhan. Modul. Malaysia: Universitas Putra Malaysia.

Zulviani, M. 2014. Penerapan Teknik Pencatatan Tulis Susun Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi SMP Negeri 1 Takalar Kabupaten Takalar. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.