Strategi Learning Tournament Berbasis Digital Timer Sebagai Solusi Alternatif Pembelajaran IPA Biologi Sekolah

Nur Subkhi, Eva Yuliana, Idah Hamidah, Abdul Rois

Abstract


Pendidikan merupakan sarana utama dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia. Oleh karena itu, peran pendidikan (pembelajaran di kelas) sangat penting sebagai kunci utama untuk menciptakan SDM yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kelayakan (validasi) strategi learning tournament berbasis digital timer sebagai solusi alternatif pembelajaran IPA biologi sekolah, sebagai produk hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseaerch & development/ R&D) yang mengacu pada Sugiyono dan Brog and Gall. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel berjumlah enam orang ahli bidang pembelajaran biologi. Sampel terdiri atas satu dosen, tiga guru biologi SMA, dua guru IPA SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan  instrumen: lembar validasi produk dan lembar wawancara tersetruktur. Teknik pengumpulan data terdiri atas empat tahapan, yaitu: a) Potensi dan masalah, b) Pengumpulan data awal, c) Desain produk, dan d) Validasi desain/ produk. Analisis data yang digunakan, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk strategi pembelajaran learning tournament berbasis digital timer secara umum “sangat valid”. Artinya, produk layak digunakan karena dapat memunculkan (nampak) keaktifan belajar siswa “sangat tinggi”, memunculkan minat belajar “sangat tinggi”, dan memunculkan karakter bangsa siswa “sangat tinggi” sesuai indikator penilaian yang ditentukan. 

Keywords


Validasi, strategi pembelajaran, learning tournament, digital timer

Full Text:

PDF PDF

References


Adodo, S. O. & Gbore, L. O. (2012). Prendicition of attitude and interest of science students of different ability on their academic performance in basic science. International Journal of psychology and Counselling, 4(6), 68-72.

Aisyah, Siti. (2022). Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Metode Team Game Tournament (TGT) pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 2 Tembilahan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Jurnal Pendidikan Tambusai, volume 6 nomor 2 Tahun 2022, hal. 9519. ISSN: 2614-3097(online)

Anggreiny, G. I., Aseptianova, Sulton Nawawi. (2019). Analisis Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi di Sma Negeri 10 Palembang. Jurnal Mangifera Edu, 4(2), 157 – 166.

Aprianingsih, L., Wardhani, S., Nawawi, S. (2021). Development of Biological Assessment Based on Science Process Skills in Senior High School City of Palembang. Jurnal Mangifera Edu, 6(1), 82-97.

Catrining, L., dan Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education terhadap minat dan hasil belajar matematika. Emasains, 7 (2). pp. 120-129. ISSN 2302-2124.

Daryanto dan Suryatri Darmiatun. (2013). Impelementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Depdikbud. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang

Standar Pendidikan Nasional, Pasal 19 Ayat 1.

Fahmi, F., Abdullah, A., & Irhasyuarna, Y. (2021). Empowering peat lands as a resource of learning natural science to strengthening environment care. The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 426-429.Doi:10.2991/assehr.k.210222.072.

Fahmi, F., Setiadi, I., Elmawati, D., & Sunardi, S. (2019). Discovery learning method for training critical thinking skills of students. European Journal of Education Studies.

Fuad, Z. A., & Zuraini. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I Sdn 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 45.

Iriany, I. S. (2017). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Revitalisasi Jati Diri Bangsa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 61-62.

Kasim, M. (2012). Sosialisasi Kurikulum 2013 di Sulawesi Selatan. Bahan Presentasi Sosialisasi Kurikulum 2012 yang di Sampaikan pada Tanggal 8—9 Februari 2012 di Makassar

Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Lestari, S., & Adiyanti, M. G. (2012). The Concept of Honesty in Javanese People's Perspective. Anima, Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 27 (3), 129- 142.

Lestyarini, B. (2012). Penumbuhan Semangat Kebangsaan Untuk Memperkuat Karakter Indonesia Melalui Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3, 341–354.

Muldayanti, N.D. (2013). Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT Ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1): 12-17

Narwanti, Sri. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.

Naziah, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. JURNAL JPSD, 110.

Ngalim, Purwanto. (2020). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: REmaja Karya.

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 44.

Nurjanah, S., & Aman. (2016). Hubungan antara Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Sejarah pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Sejarah. 5(3): 218-242.

Perdana, Novrian Satria. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. Jurnal Refleksi Edukatika 8 (2) (2018) p-ISSN: 2087-9385 e-ISSN: 2528-696X. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Putri, M. H., Fahmi, F., & Wahyuningsih, E. (2021). Efektivitas perangkat pembelajaran IPA untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi pokok listrik statis. Journal of Banua Science Education, 1(2), 79-84.

Rachman, D. F. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem di SMA dengan Penugasan Presentasi Poster. Mangifera Edu Volume 2 Nomor 1. Hal 8-19

Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD. Psychology Applied To Work: An Introduction To Industrial And Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1689–1699. Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/7401/3/BAB II.Pdf

Resti, F. I. (2017). Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sma Negeri 1 Demak Melalui Program Tertib Parkir Di Sekolah. Universitas Negeri Semarang.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel - variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rini, N. D. A. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol 3, nomor

hlm 164-168.

Saepudin, A. (2020). Project Based Learning Implementation to student’s ScientificAttitude and Creativity Improvement. Jurnal Mangifera Edu, 5 (1), 64-77.

Salahudin, A dan Irwanto. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung. Pusaka setia

Samani, M.H. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sembiring, R. B., & Mukhtar. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Silberman. (2013). Pembelajaran Aktif 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta: Permata Putri Media.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suarni. (2017). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Organisasi Pelajaran PKn Melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem Untuk Kelas Iv Sd Negeri 064988 Medan Johor T.A. 2014/2015. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL), 131.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suprijono. (2012). Cooperativ Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154.

Wibowo, Agus dan Hamrin. (2012). Menjadi Guru Karakter. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.