Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Madrasah Tsanawiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) terhadap literasi sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VII MTs. Darussalam Impa-impa Kabupaten Wajo. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 40 siswa, dengan sampel penelitian 20 siswa kelas kontrol dan 20 siswa kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal literasi sains dan tes uraian tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data hasil literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa dianalisis secara deskriptif dan uji Anova dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL berpengaruh positif terhadap literasi sains dan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil rerata nilai literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rerata nilai literasi dan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, literasi sains mengalami peningkatan sebesar 23% dan hasil belajar sebesar 11%. Hasil uji Anova menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan nilai F.hit. dan F.tabel (5,17> 4.10) antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif IPA siswa Madrasah Tsanawiyah.References
Aiman, U., Hasyda, S., & Uslan. (2020). The Influence of Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Model Assisted by Realia Media to Improve Scientific Literacy and Critical Thinking Skill of Primary School Students. European Journal of Educational Research, 9(4), 1635–1647. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.4.1635
Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Literasi Sains dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174.
Arends, R. I. (1996). Learning to teach. In Handbook of educational psychology (pp. 673–708).
Bahri, A. (2016). Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada Perkuliahan Fisiologi Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Jurnal Bionature, 17(2), 107–114.
Bybee, R. W. (2008). Scientific Literacy, Environmental Issues, and PISA 2006: The 2008 Paul F-Brandwein Lecture. Journal of Science Education and Technology, 17(6), 566–585. http://www.jstor.org/stable/41219453
Dessy, T. R. (2021). Pengaruh strategi pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Aktivitas Belajar Peserta Didik. UIN Raden Intan Lampung.
Dionisius, I. M. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pogil terhadap Keterampilan Proses Sains. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V7I3.19464
fitriani, widi ade. (2021). Pengaruh Metode POGIL Terhadap Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Konten dan Proses Sains. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56183
Fitriani, W., Hairida, & Lestari, I. (2014). Deskripsi Literasi Sains Siswa Dalam Model Inkuiri Pada Materi Laju Reaksi Di Sman 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3 (1), 12.
Gormally, C., Brickman, P., & Lut, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE Life Sciences Education, 11(4), 364–377. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026
Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.193
Hidayah, N., Rusilowati, A., & Masturi, M. (2019). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP/MTS di Kabupaten Pati. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 36–47. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3601
Ningsih, P. E., Siswoyo, & Astra, I. M. (2017). Pengaruh Metode POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas X SMA. 2017(2016), 269–278. https://doi.org/10.18502/kss.v1i3.747
Ningsih, S. M., Bambang, & Sopyan, A. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15294/UPEJ.V1I2.1364
Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2876
Pertiwi, U. D., & Rusyda Firdausi, U. Y. (2019). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(1), 120–124. https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.476
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612
Putri, V. W., & Gazali, F. (2021). Studi Literatur Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Kimia. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.31933/RRJ.V3I2.363
Qomaliyah, E. N., & Sukib, I. N. L. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Pijar MIPA, XI(2). https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/111/108
Rahmawati, A. P., Sari, R., Aisyah, S., & Afiffah, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran POGIL sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 4(1), 58–68. https://doi.org/10.30870/EDUCHEMIA.V4I1.4846
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2026). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 66–73.
Yani, A., & Ibrahim. (2015). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Panrita Kopertis Wilayah IX Sulawesi, 10(3).
Copyright (c) 2023 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.