Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMAN 1 Kahaungueti
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran index card match. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tidakan Kelas (PTK) terdiri dari prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Tiap siklus tediri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada prasiklus kognitif siswa dengan rata-rata 53,7 siswa yang tuntas terdapat 4 orang (17%). Siklus 1, aktivitas siswa yaitu aspek afektif terdapat 13 siswa dengan predikat baik, 11 siswa dengan predikat cukup. Aspek psikomotor terdapat 11 siswa dengan predikat cukup, 13 siswa dengan predikat kurang. Kognitif siswa pada siklus 1 nilai rata-rata seluruh siswa adalah 66,4, siswa yang tuntas terdiri dari 9 orang (37,5%). Pada siklus 2 aspek afektif terdapat 6 siswa dengan predikat sangat baik dan 18 siswa dengan predikat baik. Pada aspek psikomotor terdapat 1 siswa dengan predikat sangat baik, 14 siswa dengan predikat baik, dan 9 siswa dengan predikat cukup. Kognitif siswa pada siklus 2, nilai rata-rata seluruh siswa adalah 78,1 siswa yang tuntas terdiri dari 19 orang (79,1%) . Disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi pada materi sistem peredaran darah manusia di SMA Negeri 1 Kahaungueti.
References
Anwar, C. (2014:63) Hakikat Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: SUKA-Press.
Aprilia, E. (2020). Analisis Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Sumatera Utara.
Asnimar (2017:2). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Siswa Kelas V SD Negeri 002 Batu Bersurat.Jurnal PAJAR, 1(2), 208-216.
Bima, A. F., & Widodo, W. (2017:2). Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 26–31.
Dewi, R. (2019). Penerapan Strategi Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas III MI Ismariaal-Qur’Aniyyahbandar Lampung (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/6559/1/SKRIPSI.pdf
Muzkiyah, S. (2018:17). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN 1 Balekencono Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Metro. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2081/1/SKRIPSI%20SITI%20MUZKIYAH%20NPM.%2013105845.pdf
Prabowo, M. A. (2014). Penerapan Strategi Index Card Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Di MI MA’ARIF Gemampang Salam Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014 (skripsi tidak diterbitkan)
Saraswati, N.E, & Sa’adatul, U.N.(2019:80). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 7 (2), 80-86.
Silberman (2006:250) Active Learning. Yogyakarta: Yappendis
Sudjana (2005) dalam Zurtina (2017). Penerapan Hasil belajar Siswa Melalui Penerapan strategi Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VII MIN 10 Bandar Lampung (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri raden Intan Lampung, Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/566/1/SKRIPSI_LENGKAP_ZURTINA.pd
Umaryati, Y. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 1 Subah Kabupaten Batang (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang, Semarang. https://lib.unnes.ac.id/220/1/6172.pdf
Widyasari, L. A., Pratama, S., & Prayitno, B. A. (2013:246). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Accelerated Learning Melalui Concept Mapping dan Mind Mapping ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 247-254 .
Zurtina (2017). Penerapan Hasil belajar Siswa Melalui Penerapan strategi Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VII MIN 10 Bandar Lampung (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri raden Intan Lampung, Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/566/1/SKRIPSI_LENGKAP_ZURTINA.pd
Copyright (c) 2022 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.