Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMAN 1 Kahaungueti

Geofani Tarapanjang, Vidriana Oktoviana Bano

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatan hasil belajar  menggunakan metode  pembelajaran index card match. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tidakan Kelas (PTK) terdiri dari prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Tiap siklus tediri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada prasiklus kognitif siswa dengan rata-rata 53,7 siswa yang tuntas terdapat 4 orang (17%). Siklus 1, aktivitas siswa yaitu aspek afektif terdapat 13 siswa dengan predikat baik, 11 siswa dengan predikat cukup. Aspek psikomotor terdapat 11 siswa dengan predikat cukup, 13 siswa dengan predikat kurang. Kognitif siswa pada siklus 1 nilai rata-rata seluruh siswa adalah 66,4, siswa yang tuntas terdiri dari 9 orang (37,5%). Pada siklus 2 aspek afektif terdapat 6 siswa dengan predikat sangat baik dan 18 siswa dengan predikat baik. Pada aspek psikomotor terdapat 1 siswa dengan predikat sangat baik, 14 siswa dengan predikat baik, dan 9 siswa dengan predikat cukup. Kognitif siswa pada siklus 2, nilai rata-rata seluruh siswa adalah 78,1 siswa yang tuntas terdiri dari 19 orang (79,1%) . Disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi pada materi sistem peredaran darah manusia di SMA Negeri 1 Kahaungueti.


Keywords


Index Card Match, Hasil Belajar, Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Anwar, C. (2014:63) Hakikat Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: SUKA-Press.

Aprilia, E. (2020). Analisis Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Sumatera Utara.

Asnimar (2017:2). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Siswa Kelas V SD Negeri 002 Batu Bersurat.Jurnal PAJAR, 1(2), 208-216.

Bima, A. F., & Widodo, W. (2017:2). Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 26–31.

Dewi, R. (2019). Penerapan Strategi Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas III MI Ismariaal-Qur’Aniyyahbandar Lampung (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/6559/1/SKRIPSI.pdf

Muzkiyah, S. (2018:17). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN 1 Balekencono Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Metro. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2081/1/SKRIPSI%20SITI%20MUZKIYAH%20NPM.%2013105845.pdf

Prabowo, M. A. (2014). Penerapan Strategi Index Card Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Di MI MA’ARIF Gemampang Salam Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014 (skripsi tidak diterbitkan)

Saraswati, N.E, & Sa’adatul, U.N.(2019:80). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 7 (2), 80-86.

Silberman (2006:250) Active Learning. Yogyakarta: Yappendis

Sudjana (2005) dalam Zurtina (2017). Penerapan Hasil belajar Siswa Melalui Penerapan strategi Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VII MIN 10 Bandar Lampung (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri raden Intan Lampung, Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/566/1/SKRIPSI_LENGKAP_ZURTINA.pd

Umaryati, Y. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 1 Subah Kabupaten Batang (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang, Semarang. https://lib.unnes.ac.id/220/1/6172.pdf

Widyasari, L. A., Pratama, S., & Prayitno, B. A. (2013:246). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Accelerated Learning Melalui Concept Mapping dan Mind Mapping ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 247-254 .

Zurtina (2017). Penerapan Hasil belajar Siswa Melalui Penerapan strategi Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VII MIN 10 Bandar Lampung (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri raden Intan Lampung, Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/566/1/SKRIPSI_LENGKAP_ZURTINA.pd




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v14i2.5747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.