Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan

Simon Petrus Peka Rihi, Vidriana Oktoviana Bano

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium virtual melalui aplikasi Olabs terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi sistem pencernaan makanan di SMA Negeri 2 Waingapu. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen sedangkan desain penelitiannya menggunakan Noneequvalent Control Group Design. Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak 70 peserta didik dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok keas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan wawancara, angket respon peserta didik, dan soal tes berupa soal pilihan ganda. Data nilai tes yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh data nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 81,86 dan kelas kontrol adalah 63,51. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t dengan α = 0,05 diperoleh nilai probabilitas 0,000 sehingga dapat diambil kesimpulan adalah Ho ditolak atau terdapat pengaruh  penggunaan laboratorium virtual melalui aplikasi Olabs terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi sistem pencernaan makanan di SMA Negeri 2 Waingapu.


Keywords


Laboratorium Virtual; Aplikasi Olabs; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdjul, T., & Ntobui, N. E. (2018). Media Pembelajaran Virtual Lab dalam Fisika (2018th ed.).

Amrita, P. N., & Kunci, K. (2015). Memadukan Peta Konsep dengan Lab Online ( OLabs ): Studi Kasus dengan Ilmu Biologi. 1(2), 186190.

Andarini, T. (2013). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning) Melalui Media Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar. Bioedukasi, 6(2), 102–119.

Anjani, R. (2017). Pengaruh Metode Praktikum Virtual terhadap Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 6 Bandar Lampung.

Ayuwanti, I. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. In Jurnal Biolokus (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103–111. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242

Elpis, E. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vi Sdn 010 Jaya Mukti. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(2), 610–622. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4550

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. 5(2), 173–182.

Herawati. (2018). Memahami proses belajar anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IV, 27–48.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Herrani, C. R. (2015). Herrani.Pdf. 27(2), 160–174. http://repository.usd.ac.id/5526/1/1500_03%2BPenggunaan%2BVirtual%2BLab_Chatarina%2BHerrani.pdf

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (2016th ed.). Pandiva Buku.

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh Problem Based Learning dipadu Strategi Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang.(TESIS). DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM, January, 33–47. http://jpk.lemlit.um.ac.id/wp-content/uploads/2014/08/02-Anyta-Kusumaningtyas-OK.pdf

Mansur, N. (2015). Pencapaian Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 3(2), 107–115. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1652

Marsutji, E., Bakti, S., Sunarno, W., & Suparmi. (2013). Pembelajaran Biologi Melalui Metode Eksperimen Dengan Laboratorium Rill Dan Laboratorium Virtual Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Gaya Belajar Siswa. Inkuiri, 2(3), 238–246. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains

N. Hikmah, N. Saridewi, S. A. (2017). Eksperimen Merupakan Penelitian Untuk Mencari Pengaruh Perlakuan Tertentu Terhadap Kondisi Yang Terkendali. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186–195.

Nalurita, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet pada Mata Kuliah Teknik Proyeksi Bisnis Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Kelas G). Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia, 10(1), 22–30. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimspc/article/download/593/564

Nazaruddin, I., & Basuki, A. T. (2015). Analisis Statistik Dengan SPSS. Danisa Media.

Nidawati. (2013). Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Agama. Journal Pionir, 1(1), 13–28. http://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2011.08.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/00206814.2014.902757%0Ahttp://dx.

NME Juniartini, I. R. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19 1Nme. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133–141.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian (2017th ed.). Universitas Islam Jakarta.

Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 176–182. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.310

Sugiharti, S., & Sugandi, M. K. (2020). Laboratorium Virtual : Media Praktikum Online untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Masa Pandemi. Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era Society 5.0, 45–51.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan (2015th ed.). Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Kabupaten Bogor. Ilmiah Edutecno, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.31227/osf.io/eqczf

Swandi, A., Nurul Hidayah, S., & Irsan, L. J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto (Halaman 20 s.d. 24). Jurnal Fisika Indonesia, 18(52), 20–24. https://doi.org/10.22146/jfi.24399

Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media.

Utami, D. N., Widowati, A., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan Media Virtual Laboratory IPA Materi Global Warming Berpendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1, 1–6.

Utami, P. S., & Gafur, A. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Di Smp Negeri Di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i1.4622

Utami, Y. S. (2013). Peran Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Alam Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Kranggan 2 Kota Mojokerto Skripsi Oleh : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.