Kelayakan & Kepraktisan Video Saksang Sebagai Koagulan Keju Untuk Bahan Pengayaan Materi Bioteknologi
Abstract
Kegiatan pengayaan dilaksanakan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperdalam penguasaan materi bioteknologi yang berkaitan. Video pembuatan keju menggunakan daun saksang sebagai koagulan dapat digunakan sebagai bahan pengayaan pada materi bioteknologi siswa kelas XII MIA SMA Taman Mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kelayakan dan kepraktisan media video pemanfaatan saksang sebagai koagulan keju menggunakan aplikasi sparkol videoscribe untuk pengayaan materi bioteknologi. Metode penelitian menggunakan R&D (Research and Development) dengan model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan yaitu: Define (Perencanaan), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Pengumpulan data kelayakan menggunakan lembar validasi yang diisi oleh 9 validator ahli. Kepraktisan diukur menggunakan angket respon yang diisi oleh 6 siswa pada uji coba skala kecil dan 18 siswa pada uji coba skala besar. Hasil penelitian menunjukan media video yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat valid pada aspek materi (83,11%), pada aspek media (93,77%),sedangkan pada aspek bahasa terkategori valid (75,33%). Hasil uji coba skala kecil dan uji coba skala besar terkategori sangat praktis dengan presentase 89,23% dan 90,97%. Dapat disimpulkan media yang dikembangan layak dan sangat praktis dari siswa.References
Achmad, Westi. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbatuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang IV (2) (2019): 177-182.
Ahmad Fadillah, & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azis, A. C. K., Mesra, M., & Sugito, S. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MICRO TEACHING BAGI MAHASISWA SENI RUPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10(1), 223. https://doi.org/10.24114/gr.v10i1.26011
Hayatun, T., & Chantika, M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TEBING TINGGI. Jurnal Online Mahasiswa Pendidikan Matematika (JOMPEMA), 1(1), 215–232. http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/23
Izzah, M. A., & Ma’sum, A. (2021). Pengembangan Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah untuk Siswa Kelas X MA Almaarif Singosari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(8), 1081–1094. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1081-1094
Nerisa Meinia, A., Hidayat, T., & Astuti, R. P. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Sparkol VideoScribe Ekonomi Perbankan Kelas X. Jurnal Pendidikan Edutama.
Nurazizah, N. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KOMUNITAS ADAT TERPENCIL (KAT) SUKU DAYAK MERATUS. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(2), 123–134. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.6
Pinahayu, E. A. R., Awaludin, A. A. R., & Hartuti, P. M. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan CD Pembelajaran, CD Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.2
Pratomo, B. D., & Sukanti, S. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17221
Prayitno, Ageng, Trio. 2017. Pengembangan Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Biota, Vol. 3 No. 1.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194
Putri, K. E., & Sahari, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata kuliah pembelajaran terpadu. Journal PINUS, 3(1), 32–40.
Reyaan, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Teks Cerita Legenda Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Melalui Media Adobe Flash Pada Siswa Kelas VII SMP Santa Theresia Langgur. NOSI, 7(1), 1–18.
Rifianti, I., Muntholib, & Joharmawan, R. (2019). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Materi Konfigurasi Elektron Dan Sifat Periodik Unsur Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa Kelas X SMA. In kimia.fmipa.um.ac.id (Issue November, pp. 318–324). http://kimia.fmipa.um.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/28-Iis-Rifianti.pdf
Steffi, A., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN 2337-8794), 78–90. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/05/PRINT JURNAL SITI (05-09-13-03-29-59).pdf
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono 2015 BAGIAN 3. In Penerbit AlphaBeta.
Sunarni, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(3), 363–372. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Suryani, N. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS IT. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 186–196. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186
Syahroni, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika, Materi Bilangan pada Kelas 3 SD. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2237
Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). cc. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159
Copyright (c) 2023 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.