Pengaruh Praktikum Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 02 Bombana

Rosita Rosita, Syahriani Syahriani, Jamilah Jamilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan praktikum berbasis video terhadap hasil belajar peserta didik. Masalah dalam penelitian ini dialami pendidik karena pelaksanaan praktikun di sekolah tersebut belum dapat dioptimalkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen menggunakan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 44 peserta didik dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen, menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis  deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji prasyarat dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, skor hasil belajar peserta didik pada kelas yang diajar tanpa pelaksanaan praktikum berbasis video (kontrol) berada pada kategori baik dengan jumlah rata-rata 66,26 sedangkan skor hasil belajar peserta didik pada kelas yang diajar dengan pelaksanaan praktikum berbasis video (eksperimen) berada pada kategori sangat baik dengan jumlah rata-rata 84,67. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh yaitu thitung 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa  terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pelaksanaan praktikum berbasis video dan peserta didik yang diajar tanpa pelaksanaan praktikum berbasis video.


Keywords


Laboratorium; Hasil Belajar;Video

Full Text:

PDF

References


Ardiman, K. dan Maria, B.T. dan Anselmus B.B. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Prsktikum Dalam Pembelajaran Daring Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMAN 5 Pocoranaka. Jurnal Beta Kimia. 1(1): 22-28.

Erniwati, et al. 2014. Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video Dalam Pembelajaran IPA-Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Perubahannya. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 10(3): 269-273.

Fitriyah, D. 2021. Pengembangan Video Tutorial Praktikum Kimia Umum Berbasis Keidupan Sehari-Hari Di Masa Covid-19. Journal of Education and Teaching. 2(1): 63-39.

Maulida, I., Adlim., Nazar. Pembuatan Video Pembelajaran Praktikum Larutan Asam Basa dan Uji Efektivitasnya oada Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia. 1(4). 141-148.

Putri, T. C. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Praktikum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Edufortech.6(2): 99-108.

Rante, P. et al. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Audio-Video Ekperiemen Listrik Dinamis Di SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(2): 203-208.

Rustaman, Y. Nuryani. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung. UPI.

Widoyoko, E. P. 2019. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.