HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN METAKOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah proses pembelajaran yang tidak bervariasi menyebabkan siswa kurang mengembangkan keterampilan berpikirnya terutama dalam menyadari pengetahuan metakognitifnya. Akibatnya siswa kesulitan memecahkan permasalahan yang diberikan padahal permasalahan yang diberikan merupakan masalah yang nyata dan sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan metakognitif dengan kemampuan pemecahan masalah melalui model Problem Based Learning (PBL) pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kuningan dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas X dan sampel yang digunakan sebanyak 68 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan model PBL dan kelas kontrol menggunakan model inquiry terbimbing. Desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Untuk mengumpulkan data digunakan Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan tes uraian kemampuan pemecahan masalah. Hasil uji t untuk variabel pengetahuan metakognitif menunjukan thitung > ttabel (4,38 > 2,65) artinya ada perbedaan yang signifikan antara siswa kelas eksperimen pada hasil tes MAI dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Hasil penelitian menunjukan pengetahuan metakognitif siswa kelas eksperimen dikategorikan sangat baik dan siswa kelas kontrol hasilnya dikategorikan baik. Hasil uji t untuk variabel kemampuan pemecahan masalah menunjukan thitung > ttabel (3,72 > 2,65) artinya ada perbedaan yang signifikan antara siswa kelas eksperimen pada hasil posttest kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran PBL. Dalam hasil penelitian ini pada total keseluruhan indikator yang tercapai mendapatkan rata-rata total rubrik yang didapat yaitu 3,1 yang menunjukan kriteria baik, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan rata-rata total rubrik yaitu sebesar 2,9 yang menunjukan kriteria baik juga. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa sudah mencapai kriteria baik pada tiga indikator. Hasil korelasi diketahui rxy = 0,74 yang berarti memiliki korelasi yang cukup dan berkorelasi positif. Sehingga ada hubungan antara pengetahuan metakognitif siswa dengan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran PBL. Sedangkan rata-rata persentase hasil angket menunjukan 85,29% siswa merespon positif terhadap pembelajaran menggunakan PBL.
References
Anderson, Lorin W & David R. Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Celiker, Huriye D. 2015. Development of Metacognitive Skills: Designing Problem-Based Experiment With Prospective ScienceTeachers in Biology Laboratory. Academic Journals, 10 (11). [online]. Tersedia: http://www.academicjournals.org/ERR [28 Mei 2016]
Danial, Muhammad. 2010. Pengaruh Strategi PBL Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Respon Mahasiswa . Jurnal Chemica, 11 (2). [online]. Tersedia : http://ojs.unm.ac.id [12 Januari 2016]
Destalia, Lendy.dkk. 2014. Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Metode Eksperimen Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Pancaran, 3 (4). [online]. Tersedia :http://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/viewFile/1003/805 [12 Januari 2016]
Krisna, Evi Dwi.dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Pertanyaan Metakognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Motivasi Berprestasi. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika, 2. [online]. Tersedia: pasca.undiksha.ac.id/565 [12 Januari 2016]
Mariawan, I Made. 2013. Karakteristik Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Do Talk Record dalam Sains. Disampaikan pada Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III. [online].Tersedia : ejournal.undiksha.ac.id/2696 [12 Januari 2016]
Murtadho, Fathiaty. 2013. Berpikir Kritis dan Strategi Metakognisi: Alternatif Sarana Pengoptimalan Latihan Menulis Argumentasi. Makalah Disampaikan pada 2nd International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE 2013). [online]. Tersedia : educ.utm.my/wp-content/uploads/2013/11/71.pdf. [12 Januari 2016]
OLRC News. 2004. Metacognition. [online]. Tersedia : http://www.literacy.kent.edu/ ohioeff/resource.doc. [12 Januari 2016]
Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi
Pendidikan. Jakarta : Erlangga.
Paidi. 2010. Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Artikel Disampaikan Pada Seminar Nasional FMIPA UNY. [online]. Tersedia : staff.uny.ac.id/sites.pdf. [02 Februari 2016
Paidi. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah. Jurnal Kependidikan, 41 (2) [online].Tersedia : http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2225 [28 Mei 2016]
Sastrawati, Eka. dkk. 2011. Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Ketermpilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Tekno-Pedagogi, 1 (2). [online]. Tersedia : http://onlinejournal.unja.ac.id/index.php/pedagogi/article/download/668/5 [12 Januari 2016]
Simamora, Merry C.dkk. 2014. Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Asessment Pemecahan Masalah di SMA Negeri 5 Kota Jambi. [Skripsi]. FKIP Universitas Jambi. Tidak diterbitkan.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Syafii, W.,& Ruhizan, M.Y. 2013. Problem Solving Skills and Learning Achievements through Problem-Based Module in teaching and learning Biology in High School. Asian Social Science, 9 (12). [online]. Tersedia : http://dx.doi.org/10.5539/ass.v9n12p220. [28 Mei 2016]
Tosun, C., & Senocak, E. 2013. The Effects of Problem-Based Learning On Metacognitive Awareness and Attitudes toward Chemistry of Prospective
Teachers with Different Academic Backgrounds. Australian Journal of Teacher Education, 38 (3). [online]. Tersedia : http://ro.ecu.au/ajte/vol38/iss3/4. [22 Februari 2015]
Copyright (c) 2017 Quagga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.