PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X

Sindy Dewina, Ondi Suganda, Rahma Widiantie

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya guru yang menggunakan model konvensional (ceramah) dan kurangnya kemampuan menganalisis serta keterampilan berargumentasi yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan menganalisis dan keterampilan berargumentasi siswa pada konsep pencemaran lingkungan di kelas X SMAN 1 Cigugur. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi Experimental dengan Posttest-Only Control Design yang diterapkan pada kelas X-6 sebagai kelompok kontrol dan X-2 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Data kemampuan analisis dan keterampilan berargumentasi siswa dikumpulkan dengan tes uraian. Data respon siswa terhadap model pembelajaran PBL dikumpulkan dengan angket. Data dianalisis dengan uji t dan korelasi Product Moment. Hasil angket siswa terhadap model pembelajaran PBL yang digunakan menunjukkan respon positif 81,41%. Hasil uji t pada kemampuan menganalisis menunjukkan perbedaan yang signifikan dari kedua kelompok thitung > ttabel  yaitu  3,14 > 2,65, begitu juga pada hasil uji t keterampilan berargumentasi thitung > ttabel  yaitu  4,41> 2,65. Hasil kualitas kemampuan menganalisis siswa berada pada level II dan keterampilan argumentasi siswa berada  pada level III. Uji korelasi menunjukan nilai koefisien korelasi 0,13 yang berkriteria sangat rendah. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan menganalisis dan keterampilan berargumentasi siswa pada konsep pencemaran lingkungan dan terdapat hubungan antara kemampuan menganalisis dengan keterampilan berargumentasi siswa melalui model pembelajaran PBL.

Kata kunci : Keterampilan Berargumentasi, Kemampuan Menganalisis, Problem Based Learning (PBL).


Full Text:

PDF

References


Afisha, M. Helen. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan berargumentasi dan Hasil belajar siswa. [Artikel]. Universitas Lampung. Tersedia : download.portalgaruda.org/article.php. [01 Februari 2016]

Agusbiyanti, Dini. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Menganalisis Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kuningan Pada Materi Kingdom Animalia. [Skripsi]. Universitas Kuningan.

Anila, dkk 2015. Penerapan Problem Based Learning (PBL) UntukMeningkatkan Motivasi Belajar, Keterampilan Inkuiri dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMPN Kediri Pada Materi Perubahan dan Pencemaran Lingkungan. Jurnal Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya (Online). Tersedia : jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/ viewFile/7138/4917. [01 Februari 2016]

Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Artikasari, dkk. 2012. Pengaruh Pendekatan Problem-Based Learning Dalam Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Kemampuan Analisis. Unnes Journal of Biology Education Vol.1, issue 3 (online). Tersedia http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb [10 Januari 2016]

Astuti, P. Tiwi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kerangka Intruksional Marzano terhadap Kualitas Berargumentasi Siswa Pada Konsep Animalia di Kelas X SMA Negeri 2 Kuningan. [Skripsi]. Universitas Kuningan.

Herdian. 2010. Kemampuan Berpikir Analitis. (Online). Tersedia : https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-berpikir-analitis/. [8 Januari 2016]

MR, Marini. 2014. Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Dengan Gaya Belajar Tipe Investigatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika. [Artikel ilmiah]. Universitas Jambi. Tesedia : e-campus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/ pdf/.../RRA1C209069.pdf. [ 07 Februari 2016]

Rahmawati, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa SMA. Universitas Negeri Malang. Tersedia : jurnal-online.um.ac.id/.../artikel18454B61FA88DC15F68A48CC4 92553CB.pdf [31 Januari 2016]

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.