MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI LISTRIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil ketuntasan siswa pada materi hubungan energi dan daya listrik hanya mencapai 58% dari jumlah 33 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan terhadap siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Pasawahan Kabupaten Kuningan. Solusi tindakan yang digunakan adalah dengan menerapkan pendekatan saintifik sehingga memfokuskan siswa untuk mencari dan menggali sendiri informasi dan solusi dari masalah yang dihadapi dari materi energy listrik. . Penelitian ini dinyatakan berhasil bila kriteria ketuntasan mencapai lebih dari 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui pada siklus bahwa melalui pendekatan saintifik pada materi energy listrik nilai KKM siswa meningkat menjadi 76% dan pada siklus kedua KKM siswa meningkat kembali menjadi 91%, maka dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi siswa pada materi energy listrik pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pasawahan Kabupaten Kuningan.
Kata Kunci: prestasi belajar materi energi listrik, pendekatan saintifik.
References
Depdiknas, (2004), Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Materi Pelatihan Terintegrasi Sains PTBK, Jakarta, Depdiknas
_________, (2004), Model Pembelajaran Sains, Materi Pelatihan Sains PTBK, Jakarta, Depdiknas
_________, (2004), Landasan Teori dalam Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Materi Pelatihan Sains PTBK, Jakarta, Depdiknas
_________, (2004), Media Pembelajaran Sains, Materi Pelatihan Sains PTBK, Jakarta, Depdiknas
_________, (2004), Penulisan Karya Ilmiah, Materi Pelatihan Sains PTBK, Jakarta, Depdiknas
_________, (2004), Penilaian Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Sains, Materi Pelatihan Sains PTBK, Jakarta, Depdiknas
Muhibbin Syah (2002), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Suryabrata (1987), Psikologi Pendidikan, Rajawali, Jakarta
Syaodih Sukmadinata (2003), Landasan Psikologi Proses Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Rizky Amelia (2013), Pendekatan saintifik, Pelatihan Pendamping Pendekatan Saintifik, Pusat Pengembangan Tendik Kemendikbud, Jakarta
Winkel, W.S (1986), Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, PT Gramedia, Jakarta
Yadi Rochyadi (2000), Kontruktivisme, Makalah disampaikan pada LKGI Biologi SMP ( tidak diterbitkan), Bandung 14-17 September 2000
Djalal, MF (1986). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang: P3T IKIP Malang
Hamalik Oemar. (2001).Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Saifudin Azwar. (1996). Pengantar Psikologi Intelegensi. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Majid, (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2017 Quagga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.