UJI ANTI BAKTERI EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L) TERHADAP ZONA HAMBAT BAKTERI JERAWAT Propionibacterium acnes SECARA IN VITRO

Ruhana Afifi, Euis Erlin, Jeti Rachmawati

Abstract


Jerawat (acne vulgaris) merupakan penyakit kulit yang terjadi karena adanya penyumbatan folikel oleh sel-sel mati, sebum, dan peradangan yang disebabkan oleh  bakteri Propionibacterium acnes pada folikel sebasea. Antibiotik dapat mengobati jerawat namun dapat menimbulkan resistensi dari suatu bakteri, sehingga diperlukan cara yang lebih aman dan lebih murah. Salah satunya dengan penggunaan daun Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L) karena mengandung zat aktif Flavonoid dan Tanin yang berfungsi sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi ekstrak daun belimbing wuluh terhadap zona hambat bakteri P. acnes secara in-vitro dan mengetahui konsentrasi minimal ekstrak yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes. Penelitian ini bertempat di Laboratorium Biologi FKIP Universitas Galuh, dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dan didesain menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Teknik pengujian menggunakan metode sumur dengan tujuh perlakuan dan empat kali ulangan. Konsentrasi ekstrak daun belimbing wuluh yang digunakan berdasarkan hasil penelitian pendahuluan adalah 75 mgml-1, 100 mgml-1, 125 mgml-1, 150 mgml-1, 175  mgml-1, 200 mgml-1, dan 225 mgml-1. Parameter yang digunakan adalah dengan mengukur diameter zona hambat pada daerah bening sekitar sumur yaitu daerah yang tidak ditumbuhi bakteri dalam satuan milimeter. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analisis Varian Satu Faktor (ANAVA), dan berdasarkan hasil analisis diperoleh Fhitung 285,28 lebih besar dari Ftabel (0,01)dengan taraf nyata (α) 1% sebesar 3,81 yang berarti bahwa perbedaan konsentrasi ekstrak daun belimbing wuluh berpengaruh sangat nyata terhadap diameter zona hambat pertumbuhan bakteri P. acnes yang terbentuk secara in-vitro. Berdasarkan hasil Uji Jarak Berganda Duncan diperoleh bahwa konsentrasi minimal ekstrak daun Belimbing wuluh yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri bakteri P. acnes secara in-vitro adalah 100 mgml-1.

Kata kunci: Anti bakteri, Ekstrak daun belimbing wuluh, Propionibacterium acnes, In vitr

Full Text:

PDF

References


Arland. 2007. Propionibacterium acnes. Tersedia: http: //www.ebi.ac.uk/2can/genomes/bacteria/Propionibacterium_acnes. Akses online 3 November 2016.

Azifitria, et.al . 2010. Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanolik Daun Dan Umbi Crinum asiatum L, Terhadap Bakteri Penyebab Jerawat. Cibinong: Puslit Biologi LIPI.

Brown, R.G. 2009. Lectures Notes Dermatologi, Jakarta: Erlangga

Cappuccino,J & Natalie Sherman. 1982. Microbiology : A Laboratory Manual. Suffern ,New York

Faharani, B.G.R. 2009. Uji Aktivitas Antibakteri Daun Belimbing wuluh terhadap Bakteri aureus dan E. Coli secara Bioautografi, Yogyakarta

Gomes, KA.1995. Statistika Untuk Penelitian Pertanian. Alih Bahasa Endang Sjamsudin, dkk. Edisi 2, Universitas Indonesi, Jakarta.

Jawetz, et.al. 2001. Mikrobiologi kedokteran, Jakarta: Salemba Medika

Kamilah, E. 2010. Dibalik Mukzizat Tanaman Belimbing wuluh Sebagai Pengawet Alami. Tersedia : http: // elokkamilah. wordpress.com diakses tanggal 15 Oktober 2016.

Pelczart, M.J dan Chan E.C.S. 1986. Dasar-Dasar Mikrobiologi. Jilid 1 dan 2. Terjemahan Hadioetomo, R.S.dkk, Jakarta: Universitas Indonesia Press

Rismunandar. 1981. Tanaman Belimbing wuluh yang Serba Guna, Bandung: PT Sinar Baru.

Robinson, T. 1995. Kandungan Organik Tumbuhan Tinggi. Bandung : ITB

Sarastani, D. Dedi Fardiaz, Anton Apriyantono, dkk. 2002. Senyawa Antimikroba dari Tanaman. http://indobic.biotrop.org/berita_detail.php?id_berita=124.

Volk and Wheeler. 1988. Mikrobiologi Dasar, Edisi kelima, Jilid 1 dan , Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.