PENERAPAN ASESMEN AUTENTIK PADA MODEL PEMBELAJARAN PjBL (Project Based Learning) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 CIGUGUR

  • Fitri Faridatus Saadah Universitas Kuningan
  • Anna Fitri Hindriana Universitas Kuningan
  • Haruji Satianugraha Universitas Kuningan

Abstract

Penelitian ini berjudul ‘’Penerapan Asesmen Autentik Pada Model Pembelajaran PjBL  (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Cigugur’’. Pelaksanaan penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya penguasaan konsep siswa pada materi dan masih jarangnya penerapan asesmen autentik pada pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan asesmen autentik pada model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Cigugur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre Eksperimen dengan mengambil 2 kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu kelas eksperimen. Berdasarkan perhitungan postes rata – rata adalah 73,04. Berdasarkan perhitungan normalitas didapat nilai X2hitung kelas eksperimen adalah 10,32 sedangkan nilai X2tabel 13,3 karena nilai X2hitung < X2tabel maka data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan statistik parametrik yaitu uji Z, berdasarkan hasil analisa data postes dan didukung oleh hasil uji Z menujukan hasil bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning didapat Z hitung rataan - 0,156 dan Z tabel 2,33 ini berarti Z hitung< Z daftar . Sedangkan pengujian sampel dengan menggunakan uji Z proporsi diperoleh Z hitung -1,76 dan Z tabel 2,33 ini berarti Z hitung< Z daftar . Dengan kata lain H1 ditolak dan H0 diterima. Berdasarkan kriteria pengujian analisis data, hasil angket, lembar observasi, asesmen autentik dan uji korelasi maka dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan asesmen autentik pada model pembelajaran PjBL (Project Based Learning ) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Cigugur, akan tetapi berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi SMA Negeri 1 Cigugur bahwa nilai rata – rata ulangan harian siswa adalah 69,26 dibandingkan dengan nilai rata – rata yang didapat setelah melakukan penelitian yaitu 73,04 sudah cukup baik sehingga memiliki potensi untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Selain itu model pembelajaran Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang inovatif yang baik diterapkan pada pembelajaran.

Kata Kunci : Asesmen autentik, Project Based Learning, Penguasaan konsep, dan Pencemaran      lingkungan

References

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Arikunto , Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto , Suharsimi. 2019. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Dahar, R.W. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: P2LPTK.

Dewey, J. (1906). The experimental theory of knowledge. Mind, 15, 293- 307. doi:10.1093/mind/XV.59.293

D, Soendjojo. Suganda, O. dan Setiawati, I. 2009. Evaluasi Proses Dan Hasil Pembelajaran Biologi : Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan.

Doppelt, Y. 2003. Implementation and assessment of project-basd learning in flexible environment. Instructional Journal of Technology and Design Education. Volume 13 Page 255-272.

Hung, D.W., & Wong, A.F.L. 2000. Activity Theory as a Framework fo Project Work in Learning Environments. Educational Technology, 40(2), 33-37.

Kamdi, W. 2006. Pembelajaran Berbasis Proyek. Online at . Tersedia : http://lubisgrafura.wordpress.com/2006/09/23/pembelajaran-berbasis-proyek-model-potensial-untuk-peningkatan-mutu-pembelajaran/. Diunduh tanggal 14 Februari 2012.

Mahanal, S. & Wibowo, A.L. 2009. Penerapan Pembelajaran Lingkungan Hidup Berbasis Proyek untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep, dan Sikap Siswa (Studi di SMAN 9 Malang). Makalah Disajikan dalam

Redjeki, S. 2014. Model – Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam seminar dan diskusi, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan.

Seminar Nasional Pendidikan Lingkungan Hidup dan Interkonferensi BKPSL. Universitas Negeri Malang. 20- 21 Juni 2009-07-15.

Slavin, R. E. 2009. Psikologi pendidikan: Teori dan prakteknya. Terjemahan: educational psycology: Theoy and practice, oleh Marianto Samosir. Jakarta: Indeks

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

The George Lucas Educational Foundation .2005. Instructional Module ProjectBased Learning. http://www.edutopia.org/modules/PBL /whatpbl.php Diakses tanggal 27 September 2008.

Thomas, J.W., Margendoller, J.R., & Michaelson, A. 1999. Project-Based Learning: A. Handbook for Middle and High School Teachers.

Uno. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Uno, Hamzah dan Satria. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara

Published
2015-01-13
Section
Articles