PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 5 KUNINGAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan siswa untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental yaitu One-Shot Case Study. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kuningan. Populasi penelitian berjumlah 3 kelas yang berjumlah 63 siswa dan pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling yaitu mengambil kelas VII B. Data kemampuan memecahkan masalah dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian, selain itu sebagai data untuk mengetahui berjalan atau tidaknya sintak inkuiri terbimbing dalam pembelajaran peneliti menggunakan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan Statistik parametrik. Hasil penelitian dari lembar observasi menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing telah terlaksana 71,42%. Hasil penelitian dari tes uraian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada konsep pencemaran lingkungan dengan Zhitung (2,42) > Ztabel (2,33). Untuk Zproporsi (30,36) > Ztabel (2,33) menujukan bahwa lebih dari 75% siswa yang mencapai nilai diatas KKM.
Kata Kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan pemecahan masalah, pencemaran lingkunganReferences
Ahmadi, Abu & Prasetya, Joko Tri. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : PT Bumi Aksara
Copyright (c) 2015 Quagga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.