PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENGARUH KEPADATAN POPULASI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 7 KUNINGAN

Wulan Wulan, Russamsi Martomidjojo, Agus Prianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap prestasi belajar siswa pada konsep pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan dikelas VII SMP Negeri 7 Kuningan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kuningan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik sampel random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan tes berupa tes objektif, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji t, di peroleh thitung 3,82 dan ttabel pada taraf signifikan 1% 2,66 maka thitung > ttabel yang berarti bahwa hipotesis H0 di tolak dan Hi diterima. Dari perhitungan uji Zrataan sebesar 2,42 dan Zdaftar 2,33 maka Zhitung > Zdaftar. Selain itu juga dilakukan uji Zproporsi, diperoleh Zhitung sebesar 17,37 dan Zdaftar 2,33 maka Zhitung > Zdaftar. Dengan demikian dari hasil uji rataan dan uji proporsi dapat diuji hipotesisnya serta disimpulkan bahwa Hi diterima dan H0 ditolak. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djalal, M.F. 1986. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang: P3T IKIP Malang

Djamarah, Syiiful B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

DePorter, Bobbi et al. Reardon, Mark et al. Dan Singer-Nourie, Sarah et al. 2000. Quantum Teaching, Kaifa, Bandung.

Imam Mawardi. 2009. Implemnetasi Kurikulum Sebuah Prinsip Dasar. (http://ImamMawardiblog.persimpangan.com/blog/2007/08/06/pengertian pembelajaran diunduh tanggal 22 Januari 2014).

Munir Yusuf. 2010. Pengertian Implementasi Kurikulum .(http://www.muniryusuf.com/pengertian-implementasikurikulum. html diunduh tanggal 22 Januari 2014).

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Oemar Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.

Oemar Hamalik. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. BumiAksara.

Rachmad Widodo. 2009. Model Pembelajaran.(http://www.RachmadWidodo.com/model-pembelajaran.html diunduh tanggal 24 Januari 2014)

Rochiati Wiriaatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung Remaja Rosdakarya.

Rushadi. 2007. Pengertian Pembelajaran. (http://www.RushadiBlogspot.com/pengertian-pembelajaran.html diunduh tanggal 24 Januari 2014).

Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto, 2010. Bealajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudrajat, Akhmad. 2010. definisi-pendidikan-menurut-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sisdiknas.Onlinehttp://akhmadsudrajat.wordpress.com [diakses 03 Februari 2014]

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uma sekaran, Research Methodsfor Business, Southern Illinois University at Carbondale, 1984.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.