PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MACROMEDIA FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KUNINGAN
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kualitas proses pembelajaran di kelas masih kurang optimal baik dari segi siswa, guru, media maupun metode pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Group Investigation (GI) dengan Macromedia Flash Player pada pembelajaran IPA terhadap Peningkatan Pengausaan Konsep Siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi (Quasi Eksperiment design). Untuk memperoleh data yang diperlukan, digunakan instrumen berupa tes obyektif untuk mengetahui penguasaan konsep, angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Model Group Investigation (GI) dengan Macromedia Flash Player, dan lembar observasi siswa untuk melihat proses pembelajaran selama kegiatan beleajar mengajar berlangsung. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji statistik parametrik dan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa penguasaan konsep siswa kelas VIII sudah sangat memuaskan. Dengan normalitas data 1,76 dan homogenitas variansi 1,25 maka Fhit > Ftab. Dan untuk uji t diperoleh data thitung > ttabel yaitu 3,21 > 1,99. Ini menunjukan bahwa penggunaan Model Group Investigation (GI) dengan Macromedia Flash Playersangat berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kuningan
References
Lorin w. Anderson dan David R. Krathwoh. 2010. Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sagala Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Sanjaya Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Jakarta : Rineka Cipta
Suharsimi arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Copyright (c) 2015 Quagga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.