PENERAPAN MODEL PBL (Problem Based Learning) BERBANTUAN DIAGRAM VEE TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA

  • Endah Ratnaningrum Universitas Kuningan
  • Ondi Suganda Universitas Kuningan
  • Rahma Widiantie Universitas Kuningan

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan memecahkan masalah siswa dinilai masih rendah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL (Problem Based Learning) berbantuan diagram Vee terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada konsep Pencemaran Lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kadugede Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 312 siswa. Sampel diambil secara Cluster Random Sampling, dibagi menjadi 2 kelompok yaitu  kelas eksperimen sebanyak 35 orang dan kelas kontrol sebanyak 31 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes uraian kemampuan memecahkan masalah dengan langkah IDEAL, lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 80,32 sedangkan kelas kontrol sebesar 62,15. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung 3,06 dan nilai t tabel 2,66yang artinya H1 diterima maka terdapat pengaruh model PBL (Problem Based Learning) berbantuan diagram Vee terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada konsep Pencemaran Lingkungan. Respon siswa terhadap model PBL (Problem Based Learning) berbantuan diagram Vee sangat baik dengan keseluruhan rata-rata tiap indikator menghasilkan persentase sebesar 99,04%. Model PBL (Problem Based Learning) berbantuan diagram Vee dapat digunakan dalam pembelajaran untuk memudahkan siswa memecahkan masalah secara terarah dan sistematis.

Kata kunci : Diagram Vee, Kemampuan memecahkan masalah, PBL (Problem Based Learning), Pencemaran Lingkungan.

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brrokhart, Susan M. 2010. Asses Higher-Order Thinking Skill In Your Clasroom. United State of Amerika: ASCD.

Novia, dkk. 2012. Pengaruh Penerapan Strategi Pemecahan Masalah IDEAL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX MTsN Air Hangat Kabupaten Kerinci. Jurnal (Online). Tersedia: Jurnal-stkip-pgri-sumbar.ac.id.

Polancos, Dominic T. 2012. Effects of Vee Diagram and Concept Mapping on the Achievement of Students in Chemistry. Liceo Journal of High Research Education Research Print (Online). ISSN 2094-1064 Electronic ISSN 2244-0437 Vol. 7 No 1 January 2012. Tersedia: http:/dx.doi.org/10.7828/ljher.v7l1.17.

Putra, Sitiatvata Rizema.2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).

Sari dan Purtadi. 2014. Metode Belajar Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Berbantuan Diagram V (Ve) Dalam Pembelajaran kimia. (Online). Jurnal Tersedia: staff.uny.ac.id/sites/default/..../PBL%20dengan%20Diagram%20Vee.pdf.

Siswanto, dkk. 2012. Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi (Online). Volume 4, Nomor 2 Halaman 53-59. Tersedia: biologi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/.../Siswanto_K4308054.pdf

Published
2016-01-11
Section
Articles