PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya keterampilan generik sains siswa saat mengikuti pembelajaran. Pembelajaran biologi tidak hanya dihadapkan pada teori-teori saja melainkan harus dihadapkan pada permasalahan yang ada di dunia nyata sehingga siswa hendaknya diarahkan kepada keterampilan generik sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan generik sains sisa pada konsep sistem pernapasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen desain penelitiannya yaitu Nonequivalent Control Group Design. Jenis instrumen yang dipilih dalam penelitian ini adalah tes keterampilan generik sains, assessment kinerja, dan angket. Populasi penelitian adalah kelas XI SMA Negeri 1 Kadugede tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 152 siswa, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan untuk kelas kontrol 36 siswa dan kelas eksperimen 36 siswa. Hasil analisis tes keterampilan generik sains kelas eksperimen memiliki rata-rata 82% yang termasuk kategori baik sedangkan di kelas kontrol memiliki rata-rata 73% yang termasuk kategori cukup. Uji hipotesis yang didapat bahwa t hitung 3,82 > t tabel 2,64. Hal ini berarrti H1 diterima bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan generik sains siswa. Berdasarkan assessment kinerja yang dinilai pada saat melakukan praktikum memiliki rata-rata 2,1 dengan kategori cukup baik, sedangkan analisis dari data angket yang menunjukan respon positif dengan presentase 97%. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat memudahkan siswa mengembangkan keterampilan generik sainsnya dalam menyelesaikan berbagai masalah melalui kegiatan eksperimen.
Kata kunci : Keterampilan Generik Sains, Model Pembelajaran Berbasis masalah,
Sistem Pernapasan ManusiaReferences
Amir, M. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Kencana.
Arends, Richard I.2008. Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Darliana. 2006. Kompetensi Generik IPA. (Online) Tersedia: http://www.p4tkipa.org/lihat.php?id=Artikel&hari=KEPENDIDIKAN
Nurjannah, Dina. 2014. Analisis Kemampuan Generik Siswa Melalui Kegiatan Praktikum Fotosintesis. (Online). Tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25017/1/FITRI%20NURJANNAH-FITK.pdf
Copyright (c) 2016 Quagga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.