UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 1 KADUGEDE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui implementasi metode discovery learning. Keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian ini meliputi keterampilan mengamati, mengklasifika-sikan, berhipotesis, dan berkomunikasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kadugede dengan metode quasi experiment yang menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simplerandom sampling. Sampel penelitian meliputi kelompok eksperimen berjumlah 39 siswa dengan menggunakan metode discovery learning dan kelompok kontrol 40 siswa dengan menggunakan metode konvensional (ceramah). Tes uraian diberikan pada saat pretest dan posttest. Dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pengetahuan awal siswa tidak berbeda nyata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka untuk mengetahui adanya pengaruh akibat dari perlakuan yang diberikan terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan data posttest. Pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh hasil thitung 6,1256 dan ttabel 1,6649 ini berarti thitung> ttabel. Hal tersebut menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui implementasi metode discovery learning. Berdasarkan penelitian di atas, metode pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa.
Kata kunci : Metode discovery learning, Keterampilan Proses Sains (KPS)References
Cahyo, N. Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva Press.
Kalsum, Ummi. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. (On-line). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/21524/1/UMMI%20KALSUM-FITK.pdf diakses 2 Januari 2014
Rustaman, Nuryani Y. dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Development of Science and Mathematics. Teaching for Primary and Secondary Education in Indonesia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan. Bandung: Alfabeta
Copyright (c) 2016 Quagga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.