PENERAPAN MODEL PEMEBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DAN UPAYA PELESTARIANNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Iin Inayah, Russamsi Martomidjojo, Agus Prianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap prestasi belajar di smp negeri 7 kuningan kelas Vii dengan mengambil konsep tentang keanekaragaman mahluk hidup dan upaya pelestariannya.Penelitian ini di latarbelakangi karena adanya permaasalahan dalam proses pembelajaran, baik permasalahan siswa, permasalahan metodologis, permasalahan akademis maupun pemasalahan non akademis lainnya, hal tersebut baik langsung maupun tak langsng berpengaruh terhadap restasi belajar dan suasana kelas serta motivasi siswa itu sendiri, untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dapat menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning.Telah di lakukan penelitian di smpn 7 kuningan di kelas vii C dan kelas vii D dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling, dengan jumlah smpel sebanyk 76 siswa . instrumen penelitian menggunakan tes dan angket dengan jumlah tes objektif sebanyak 30 soal, metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen, instrumen penelitian tersebut sebelumnya telah dilakukan pengujian validitaas dan pengujian realibilitas dengan menggunakan KR20. Didapatkan nilai sebesar 0,43376 yang masuk dalam kriteria cukup/sedang . data dianalisis dengan mengunakan uji Z. 2.90 dan 2,33 (> ) . hasil tersebut menunjukan diterima dan ditolak . hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada konsep keanekaragaman makhluk hidup dan upaya pelestariannya berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Kata kunci : model pembelajaran CTL pada konsep keanekaragaman makhluk hidup dan upaya pelestariannya


Full Text:

PDF

References


Arikunto, suharsimi. 2004. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas. (2003). Undang-undang republik Indonesia no.20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional, jakarta : Depdiknas

Djamarah, syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: usaha Nasional

Elaine B. Johnson, Ph.D. 2011. Contextual teaching and learning menjadikan kegiatan belajar-mengajar Mengasyikan dan Bermakna, Bandung :kaifa

Nina, Triana. 2012. Pengaruh model kontekstual pada pembelajaran ekosistem terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di kelas VII smp negeri 10 cirebon. Tidak di publikasikan

Nurhadi. 2002. Pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning). Malang: Universitas Negeri Malang

Nurhadi 2003. Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM press

Nurkencana. 2005. Evaluasi Hasil Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional

Sagala, syaiful 2003. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sudjono, Anas 2003. Pengantar statistik Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sudjono, Metode Statistika, Edisi IV, Bandung ITB, 1989

Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian kualitatif, Bandung : Alfabeta.

Sugiono, 2012. Metode Penelitian kuantitatif dan kualitatif dan r&d, Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v8i1.826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online)
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : 0232-873696, 0232-878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License