PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTI REPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Yusi Martiasari, Zaenal Abidin, Lilis Lismaya

Abstract


This research is conducted to know the influence of application of problem based learning model multi representative-based toward students’ understanding concept, to know the difference of posttest result between experiment class and control class, to know students’ respond toward learning that applied problem based learning model multi representative-based. This research is conducted at SMAN 1 GARAWANGI for five meetings with quasi experiment method that used Pretest and Posttest Control Group Design. Technique of taking samples used Cluster Random Sampling, 63 students of IX class were divided into experiment class and control class. In experiment class, students were taught with Problem Based Learning Model Multi Representative-Based, meanwhile students in control class were taught with Problem Based Learning Model. The collected data was analyzed with T test. The result of this research shows that t count > t table, that is 2,86> 2,66. The average score in experiment class is 62,97 while in control class is 52,37. From that result, it can be concluded that application of Problem Based Learning Model Multi Representative-Based is influential toward students’ understanding concept.

Key Word : Problem Based Learning, Multi Representative, Understanding Concept


Full Text:

PDF

References


Abdullah, dkk., (2013). “penerapan Model Pembelajaran Interaktif berbasis Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi verbal, Matematik, dan Gambar Fisika Siswa Kelas VIII-A MTs N 1 Jember Tahun Ajaran 2012 / 2013”. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 2 (3). 272 – 277.

Alisa, A.N, dkk., (2013). “Keefektifan Pembelajaran Model Design Student-Centered Instructional terhadap Kemampuan Representasi Peserta Didik”. Unnes Journal of Mathematic Education. Vol.2, (3).

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R.. 2014. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arends, R.I.. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Astuti, Y.W., (2013). “ Bahan Ajar Fisika SMA dengan Pendekatan Multi Representasi”. Jurnal Pendidikan Sains. Vol.1, (4), 382-389.

Eggen, P., dan Kauchak, D.. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Harso, A., Suastra, I.W., dan Sudiatmika, A.A.I.A.R.. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMA Negeri Langke Rembong Tahun Pelajaran 2013/2014”. e-Journal Program Pascasarjana Univesitas Ganesha Program Studi IPA. Vol.4.

Huda, M. (2013). “Model-model Pengajaran dan Pembelajaran”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hutagaol, K. (2013). “Multi Representasi dalam Pembelajaran Matematika”. KNPM V Himpunan Matematika Indonesia.

Irnaningtiyas. 2013. Biologi Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Januar, A., (2013). “Penggunaan Media Bioplastik terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Alat perkembangbiakan Tumbuhan”. Skripsi. UPI Digital Repository Undonesia University of Education. [Online]. Tersedia: repository.upi.edu/4378/. Diakses 18 Juli 2016.

Kartini. “Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika”. Disampaikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pemdidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta, 5 Desember 2009

Komalasari, K.. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Perserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Riduwan. 2009. Dasar - Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Rizal, M.. (2014). “ Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Sains, Vol.2, (3), 159-165.

Rusman, M. 2010. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, R.A.. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sloane, E. 2003. ANATOMI DAN FISIOLOGI UNTUK PEMULA. Jakarta: EGC.

Smarambawa, I.G.B.N., Arnyan, I.B., dan Setiawan, I.G.A.N.. (2003). “Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa SMA”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Vol.3.

Sudjadi, B., Laila, S. 2007. Biologi 2 SMA / MA Kelas XI. Jakarta: Yudhistira.

Sudjana, N.. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Bandung: Alfabeta.

Suhana, C.. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Suhandi, A., Wibowo, F.C., (2012). “Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan dampak terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 8, 1-7.

Suryana, A. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. Makalah disajikan dalam dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FPIMA UNY , Yogyakarta, 10 November 2012.

Toharudin, U., Hendrawati, S., dan Rustaman, A.. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Jakarta: Humaniora.

Utomo, U., Wahyuni, D., Hariyadi, S.. (2014). “Pengaruh Model Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013)”. Jurnal Edukasi UNEJ, Vol.1, (1), 5-9.

Widianingtiyas, L., Siswoyo., Bakri, F.. (2015). “Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dalam Pembelajaran Fisika terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA”. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol.1, (1), 31.

Yusup, M. Multi Reperentasi dalamPembelajaran Fisika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNSRI. Palembang, 14 Mei 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.