PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KREATIVITAS DAN PREATASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA KONSEP LIMBAH DAN DAUR ULANG LIMBAH DI SMA NEGERI 1 CIAWIGEBANG

Soviati Rohmah, Ilah Nurlaelah, Ina Setiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Project Based Learning (PJBL) terhadap kreativitas dan prestasi belajar serta untuk mengetahui hubungan antara kreativitas dan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Ciawigebang Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 351 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, terdapat 2 kelompok sampel yaitu kelas model PJBL sebanyak 38 siswa dan kelas metode proyek sebanyak 38 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah  assessment kreativitas produk, test uraian kemampuan berpikir kreatif, assessment kinerja PJBL, dan angket siswa. Uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik nonparametrik dalam hal ini untuk uji hipotesis pengaruh penerapan PJBL terhadap kreativitas produk menggunakan uji Wilcoxon didapatkan Zhitung>Zα(0,025) yaitu 5,1>1,98 artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap kreativitas siswa dan uji hipotesis pengaruh penerapan model Project Based Learning (PJBL) terhadap prestasi belajar didapatkan Zhitung>Zα(0,025) yaitu 4,8>1,98 yang artinya ada pengaruh model Project Based Learning (PJBL) terhadap prestasi belajar siswa, serta uji koefisien korelasi untuk mengetahui hubungan kreativitas dan prestasi belajar yang dibelajarkan melalui model PJBL didapatkan rhitung>rtabel yaitu 2,9>2,58 artinya terdapat hubungan antara kreativitas dan prestasi belajar.

Kata Kunci : Model Project Based Learning (PJBL), Kreativitas, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Adams Karlyn. 2005. A Paper Commisioned by the National Center on Education and the Economy for the New Commision on the Skills of the America Workforce. Jurnal National Center on Education and the Economy (vol. 26). (online). Tersedia:http://www.fpspi.org/pdf/innovcreativity.pdf [diakses 23 Juni 2016]

Cakici dan Turkmen. 2013. An Investigation of the Effect of Project-Based Learning Approach on Children’s Achievement and Attitude in Science. Jurnal TOJSAT, The Online Journal of Science and Technology (vol.14).Trakya University, Faculty of Education. Edirne-Turkey. (online). Tersedia: http://www.tojsat.net/index.php/tojsat/article/viewFile/104/108. [diakses 23 Juni 2016]

Cahyo S. 2010. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK N 1 Punggelan Banjarnegara. Jurnal Unnes, Prestasi Belajar. (online). Tersedia: http://lib.unnes.ac.id/10708/1/6643.pdf [diakses 11 April 2016]

Cahyadi. 2016. Studi Komposisi Sampah Perkotaan Pada Tingkat Rumah Tangga di Kota Depok. Jurnal tentang Limbah dan Daur Ulang Limbah (vol.3-7). (online). Tersedia:www.gunadarma.ac.id [diakses 14 Februari 2016]

Davis A. Gary. 2012. Anak Berbakat dan Pendidikan Keberbakatan. Jakarta: Indeks

Damanhuri & Padmi. 2010. Diktat Kuliah TL-3104 Pengelolaan sampah, Teknik Lingkungan ITB, Edisi Semester I 2010/2011. [diakses 08 Februari 2016]

Dirgantara, B. 2013. Pengetahuan Mendaur Ulang Sampah Rumah Tangga dan Niat Mendaur Ulang Sampah. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi (vol.1). (online).Tersedia: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo [diakses 15 Januari 2016]

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar-ruzz Media

Fitriyani. 2014. Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Konsep Plantae di SMA Negeri 1 Lebakwangi. Skripsi : Universitas Kuningan (tidak diterbitkan)

Finawati, Fifin. 2014. Pendekatan Saintifik melalui Model Pembelajaran PJBL terhadap Kemampuan Merancang Eksperimen pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Darma. Skripsi : Universitas Kuningan (tidak diterbitkan)

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi perkembangan. Jakarta : Prenada Media Group

Krisnawati. 2008. Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Unesa (vol.3). Surabaya: Unesa University Press. (online). Tersedia: http://jurnal.uns.ac.id [diakses 10 Mei 2016]

Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta

Movahedzadeh, Patwell, Rieker, Gonzalez. 2012. Project-Based Learning to Promote Effective Learning in Biotechnology Courses. Jurnal Education Research Internation (vol.7). Department of Biological Sciences, Harold Washington College, USA. (online). Tersedia: http://www.ijobed.com/1_1/vol1issue1art2.pdf [diakses 23 Juni 2016]

Nurohman, Sabar. 2013. Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Uny (vol.9). (online). Tersedia: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Project-based-learning.pdf [diakses 30 Februari 2016]

Prasesty, Inggrit. 2011. Penerapan Pembelajaran Berorientasi Lifeskill Pada Materi Daur Ulang Limbah Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA N 1 Tayu Pati. Skripsi : Universitas Negeri Semarang. (online). Tersedia : http://skripsi.unnes.ac.id/files/daur-ulang-limbah [diakses 03 Mei 2016]

Rostikawati, Rika. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS)/Dua Tinggal Dua Tamu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan. Skripsi : Universitas Kuningan (tidak diterbitkan)

Rumpis A. Sudarko. Developing Creativity Multi Intellegence. Jurnal Developing Creativity Multi Intellegence (vol.4-14). (online). Tersedia: http://core.kmi.open.ac.uk/download/pdf/11058618.pdf [diakses 15 Februari 2016]

Rais. 2010. Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Jurnal Project Based Learning (vol.1-23) (online). Tersedia: http://digilib.unm.ac.id/files/disk1/1/universitas-negeri-makassar-digilib-unm-drmuhraiss-makalah-.pdf. [diakses 20 Maret 2016]

Riyanto B. 2008. Prospek Pengelolaan Sampah Nonkonvensional di Kota Kecil. Jurnal Studi Kasus: Kabupaten Gunungkidul (vol.37). (online). Tersedia : http://www.eprints.undip.ac.id [diakses 25 Februari 2016]

Riduwan. 2009. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta

Santrock W. John. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sukardi, Sudarisman dan Sunarno. 2012. Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Eksperimen dengan Laboratorium Rill dan Laboratorium Virtuil ditinjau dari Kreativitas dan Gaya Belajar. Jurnal Inkuiri (vol.170-176). (online). Tersedia: http://jurnal.pasca.uns.ac.id [diakses 01 Mei 2016]

Sani A. Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.

Sousa A. David. 2012. Bagaimana Otak Yang Berbakat Belajar. Jakarta : Indeks

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2009. Statistik Nonparametris. Bandung : Alfabeta

Ward, Hellen. 2010. Pengajaran Sains berdasarkan Cara Kerja Otak. Jakarta : Indeks

Widowati dan Hidayati. 2009. Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dalam Pembuatan Media pada Mata Kuliah TPB dengan Pendekatan Project Based Learning Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Lingkungan dan Pembelajarannya (vol.1). (online). Tersedia: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132319972/Pengembangan-Kreativitas-Mahasiswa-dalam-Pembuatan-Media-Semnas-Bio-FMIPA-UNY-20200.pdf [diakses 02 Mei 2016]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.