IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENURUNKAN BEBAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 7 KUNINGAN

Tifa Sophia Latifah, Anna Fitri Hindriana, Haruji Satianugraha

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru jarang menggunakan media yang mendukung pada proses pembelajaran sehingga cara belajar siswa identik dengan menghafal. Permasalahan ini akan membebani siswa dalam menerima informasi, sehingga siswa memiliki beban kognitif yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media audio visual dapat menurunkan beban kognitif siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 7 Kuningan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 7 Kuningan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 9 kelas sebanyak 378 siswa. Sampel penelitian ini terpilih sebanyak 79 siswa yaitu kelas VIID dan VIIE. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain “Pretest-Posttest Control Group” Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik Simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen lembar usaha mental penggunaan media audio visual digunakan untuk mengukur penurunan beban kognitif (extraneous load), serta  Instrumen test objektif untuk mengukur menurunkan beban kognitif (germane load) sehingga berdampak pada meningkatnya penguasaan konsep siswa. Uji normalitas dari pretest dan posttest menggunakan chi-kuadrat,uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil usaha mental yang diperoleh yaitu rata-rata 2 ini menunjukan bahwa usaha mental yang dilakukan siswa dalam pembelajaran menggunakan media audio visual rendah maka terdapat penurunan extraneous load. Rata-rata hasil tes objektif kelas eksperimen 85,13 lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu 75,66 maka terdapat penurunan germane load. Pengujian hipotesis berdasarkan data diperoleh hasil yaitu 3,23 > 2,65 ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima ini dapat disimpulkan bahwa terdapat penurunan beban kognitif dengan menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : Media Audio Visual dan Beban Kognitif


Full Text:

PDF

References


Afidah,Vivin N. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Membangun Pemahaman Konsep Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran. Jurnal Pendidikan Sains,1(3):258-264. (Online). Tersedia https://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/4171. Diakses 2 Juni 2016.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran, Edisi Revisi. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada

Hernawan, Asep H. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung : Upi Press

Hindriana, Anna F. 2014. Program Perkuliahan Fisiologi Tumbuhan Terintegrasi Struktur Tumbuhan Berbasis Kerangka Instruksional Marzano Untuk Menurunkan Beban Kognitif Siswa. Disertasi. Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung

Moreno, Roxana & Mayer, Richard E. 2013. Nine Ways to Reduce Cognitive Load in Multimedia Learning. Educational Psychologist, 38(1): 43–52 ( Online). Tersedia : Http://www.google.co.id/?hl=id&ie=ISO-8859-1&q=journal+international+cognitif+load%2Bmultimedia+moreno+pdf. Diakses 2 Juni 2016.

Ode, Elijah O. 2014. Impact of audio visual (Avs) Resources on Teaching and Learning in Some Selecte Private Secondary School in Makurdi. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (Impact : IJRHL) ISSN(E) : 2321-8878; ISSN (P): 2347-4564. 2(5) : 195-202. ( Online ). Tersedia : Http://oaji.net/journal-archive-stats.html?number=488&year=2014&issue=1396. Diakses 20 Mei 2016

Suwarna, Iwan P & Premavera,Ika, P C. 2014 . Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kelas XI pada Konsep Elastisitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA FITK UIN Syarif Hidayatullah. ( Online). Tersedia : Https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25047. Diakses 24 Januari 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.