PENERAPAN MODEL SINEKTIK UNTUK MEMINIMALISIR KONSEP ABSTRAK MATERI SISTEM SARAF SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 CILIMUS
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa serta persepsi siswa yang menganggap bahwa konsep biologi merupakan konsep yang bersifat abstrak. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran masih bersifat teacher centered learning dan rendahnya motivasi belajar siswa sehingga siswa masih merasa kesulitan dalam memahami materi biologi serta keterampilan berpikir siswa yang kurang terlatih khususnya keterampilan berpikir kreatifnya. Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model sinektik dalam meminimalisir konsep abstrak materi sistem saraf serta pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Cilimus. Penelitian ini merupakan penelitian experimental. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Cilimus Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 5 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan tes essay, lembar observasi model sinektik dan angket. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t didapatkan p < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya penerapan model sinektik dapat meminimalisir konsep abstrak materi sistem saraf serta berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Cilimus.
Kata Kunci : Model Sinektik, Keterampilan Berpikir Kreatif, Konsep AbstrakReferences
Anwar MN, Sahibzada SR and Raheel H. 2012. A Comparison of Creative Thinking Abilities of High and Low Archievers Secondary School Students [Online]. International Interdisciplinary Journal of Education Vol. 1 (1). Tersedia: http://www.iijoe.org/volume1/IIJE_04_v1_i1_2012.pdf. Diakses 28 Juni 2016
Arnyana, I.B.P. 2006. “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA” [Online]. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, Vol. 39 (3): halaman 496-515. Tersedia: http://pasca.undiksha/image/img_item/607.doc. Diakses 08 Februari 2016
Cimer, Atilla. 2012. What makes biology learning difficult and effective: Students’ views [Online]. Educational Research and Reviews Vol. 7 (3), pp. 61-71. Tersedia: http://www.academicjournals.org/article/article1379665422_Cimer.pdf. Diakses 02 Juni 2016
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya : Bandung.
Fatemipour, H and Kordnaeej, M. 2014. The Effect of Synectics and Journal Creative Writing Techniques on Efl Students’ Creativity [Online]. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJLLALW) Vol. 7 (3), pp. 412-424. Tersedia: http://www.ijllalw.org/finalversion7331.pdf. Diakses 25 Mei 2016
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar : Yogyakarta
Ismail B, Maman F dan Sri Y. 2010. Model Pembelajaran Sinektik dan Pengelolaan Kelas [Online]. Laporan Penelitian. Program Pasca Sarjana, Universitas Islam, Jakarta. Tersedia: https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,ssl&ei=zc5cV9KjN4jRvgTB7o_QBQ#q=laporan+penelitian+model+pembelajaran+sinektik+dan+pengelolaan+kelas+karya+ismail. Diakses 06 Februari 2016
Joyce B, Marsha W and Emily C. 2011. Model of Teaching : Model-model Pengajaran 8th ed. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Khairani R, Yurnetti dan Hamdi. 2013. Pengaruh Penerapan Synectics Lesson Dalam Pembelajaran IPA Fisika Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Solok [Online]. Pillar of Physics Education Vol. 2: halaman 121-128. Tersedia: http://ejorunal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/download/742/499. Diakses 08 Februari 2016
Khoirunah W.N, Suyatno dan Muslimin I. 2014. Implementasi Model Siklus Belajar Hipotetikal Deduktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Pokok Larutan Penyangga [Online]. Prosiding Seminar Nasional Kimia. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Tersedia: http://fmipa.unesa.ac.id/kimia/wp-content/uploads/2013/11/126-133-WAHDATUN-NISA-REVISI.pdf. Diakses 26 Juli 2016
Liliawati, Winny. 2011. Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah [Online]. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 16 (2): halaman 93-98. Tersedia: http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/viewFile/227/142. Diakses 08 Februari 2016
Nurdin. 2009. Pengembangan Pendidikan IPA Berbasis Teknologi Informasi Komputer [Online]. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 9 No. 1. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/197907122005011-NURDIN/KARYA_ILMIAH_3.pdf. Diakses 08 Februari 2016
Smarabawa, Arnyana dan Setiawan. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA” [Online]. E-Jurnal Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia, Vol. 3. Tersedia: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/download/755/541%20%5Bdiakses%2010. Diakses 08 Februari 2016
Tekaya C, Ozkan O, Sungur S. 2001. Biology concepts perceived as difficult by Turk high school students [Online]. Hacettepe Univ. J. Educ, 21: 145-150.Tersedia:http://www.efdergi.hacettepe.edu.tr/yonetim/icerik/makaleler/1048-published.pdf. Diakses 02 Juni 2016
Copyright (c) 2016 Quagga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.