PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS XI PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI

Lufthy Irega Pramuditha, Ondi Suganda, Rahma Widiantie

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah lemahnya kemampuan bernalar siswa yang diakibatkan karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu mind map terhadap kemampuan penalaran siswa pada konsep sistem reproduksi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kadugede tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI IPA 3 sebagai eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik parametrik menggunakan uji t didapatkan t hitung > t tabel, yaitu 4,61 > 2,65, yang berarti pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantu mind map  berpengaruh terhadap kemampuan penalaran siswa. Hasil tes kemampuan penalaran didapatkan presentase nilai rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu  56,57% dan untuk kelas kontrol yaitu 49,42%.  Dari kedua kelas sampel tersebut, presentase nilai indikator kemampuan penalaran tertinggi yaitu pada indikator membuat induksi. Nilai rata-rata level kemampuan penalaran kelas eksperimen berada pada level 3, sedangkan untuk kelas kontrol berada pada level 2. Hasil N-Gain untuk kelas eksperimen 0,32 dengan kategori sedang dan untuk kelas kontrol 0,18 dengan kategori rendah. Dari hasil analisis data angket sebanyak 89% siswa setuju bahwa PBL berbantu mind map dapat meningkatkan motivasi  belajar, berpengaruh terhadap kemampuan bernalar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dan terjadi peningkatan kemampuan penalaran siswa setelah menggunakan model pembelajaran PBL berbantu mind map.

Kata Kunci : Kemampuan Penalaran, Mind map, Problem Based Learning (PBL), Sistem  Reproduksi.


Full Text:

PDF

References


Arends, I Richard. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Buzan, Tony. 2006. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hanifah, et. al. 2015. The Use Concept Map and Mind Map to Improve Reasoning and Mastering Ability. Dalam Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. (online). Tersedia. http//jurnal.fkip.uns.ac.id/kpsda/ [07 Januari 2016].

Haryanto, Agus. 2015. The effectiveness of Problem Based Learning model aided Mind Map for Resolving the Issue of Physics. Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 21, Nomor 3. (online). Tersedia. http:// jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/ [02 Juni 2016].

Mulyana, Ade, dkk. 2015. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbantu Masalah. Dalam Jurnal Didaktik Volume 9 , Nomor 1 (online). Tersedia htpp://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/didaktik/article/116 [23 Januari 2016].

Riadi, Muchlisin. 2014. Pengertian dan Manfaat Membuat Mind Map. (online). Tersedia. http://www.kajianpustaka.com/2014/01/pengertian-manfaat-dan-membuat-mind.html [26 Januarai 2016].

Winarti, Sri. 2015. Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan soal PISA pada siswa kelas VIII. Universitas Muhammadiyah Surakarta.(online). Tersedia. eprints.ums.ac.id/40554/1/naskah%20publikasi [15 juni 2016].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.