EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 3 KUNINGAN

Fitrianingsih Fitrianingsih, Abdul Muis, Agus Prianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigaton (GI)  terhadap  kemampuan berpikir ktitis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Populasi seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 3 KUNINGAN tahun ajaran 2015-2016. Sampel dalam penelitian ini terdapat 2 kelas eksperimen yaitu X MIPA 5 sebanyak 35 siswa menggunakan model pembelajaran GI dan 35 siswa X MIPA 6 menggunakan model pembelajaran PBL. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, desain penelitiannya adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan pretest dan post-test. Instrumen penelitian menggunakan soal-soal tes uraian dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis lebih efektif dibandingkan penggunaan model Group Investigation (GI) pada materi pencemaran lingkungan di SMAN 3 Kuningan.

Kata Kunci : Berpikir kritis,  Problem Based Learning, Group Investigation



Full Text:

PDF

References


Arends,R.I. 2008. Learning To Teach (belajar untuk mengajar).Yogyakarta :Pustaka pelajar

Fisher, A. 2008. Berpikir Kritis : Sebuah Pengantar. Erlangga.

Harjanto . 2010. Perencanaan pengajaran. Jakarta. Rineka cipta

Ibnu,Tukiran.B.A. 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif dan kontekstual: konsep landasan dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif / KTI). Jakarta. Prenada media group

Isjoni. 2010. Cooperative Learning : Efektifitas Pembelajaran kelompok. Bandung. Alfabeta

Komalasari,K. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung. :PT. Refika Aditama

Safilu.2012. Pengaruh Strategi Kooperatif Group Investigation Terhadap keterampilan Berpikir Kritis Dan Mengambil Keputusan Pada Matakuliah Pengetahuan Lingkungan Sastrawijaya, A, Tresna. 2009. Pencemaran Lingkungan. (Online). Tersedia: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/viewFile/4901/3413. (15 mei 2016)

Soyomukti,N. 2013. Teori- teori pendidikan : (neoliberal, marxis-sosialis, postmodern). Jogjakarta. Ar-ruzz media

Sugiyono . 2013. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D ). Bandung. Alfabeta

Triwahyuni,dian dkk.2015.Penerapan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktifitas Siswa Pokok Bahasan Archaebacteria Dan Eubacteria Pada Siswa Kelas X Sma Pawyatan Daha.(Online).Tersedia:http://biology.umm.ac.id/files/file/212219%20Diyan%20Triwahyuni%20.pdf (13 januari 2016)

Yoswita,fertika dkk.2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Lear

ning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. (Online). Tersedia:http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/4237/2697 (13 januari 2016)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.