KESADARAN METAKOGNISI DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENUGASAN INDIVIDU
Abstract
Abstrak
Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahawa mahasiswa telah memiliki keterampilan memecahkan masalah baik namun masih terdapat kelemahan pada keterampilan menentukan solusi terbaik dan melakukan evaluasi, hal tersebut diasumsikan juga bahwa kesadaran metakognisi mahasiswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan keterampilan memecahkan masalah dan kesadarn metakognisi serta hubungannya melalui pembelajaran berbasis masalah dengan penugasan individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan memecahkan masalah dengan indeks N-Gain 0,40 termasuk kategori sedang. Hasil uji t menunjukkan hipotesis diterima, artinya bahwa terdapat peningkatan keterampilan memecahkan masalah melalui pembelajaran berbasis masalah dengan penugasan individu. Hasil analisis kesadaran metakognisi adalah 84,6% dalam kategori baik, sedangkan hasil analisis penugasan individu adalah dalam kategiru baik. Hasil analisis varian adalah 0,6 > 0,5 artinya terjadi korelasi positif secara signifikan antara kesadaran metakognisi dan penugasan individu terhadap keterampilan memecahkan masalah. Pembelajaran berbasis masalah dengan penugasan individu dapat menjadi solusi alternatif yang digunakan oleh dosen untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah mahasiswa
Kata kunci: Kesadaran metakognisi, Keterampilan memecahkan masalah, Pembelajaran berbasis masalah, Penugasan IndividuReferences
Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, seventh edition.. New York : Mc Graw-Hill Companies.
Cooper, Sussan Sunny, 2004, Metacognition in the Adult Learner, http://www. Wsu.Metacognition and Its Instument.
Livingstone, J.A, 1997. Metacognition: An Overview (Online)
Sastrawati, Eka. dkk. 2011. Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan
Ketermpilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Tekno-Pedagogi, 1 (2). [online]. Tersedia : http://onlinejournal.unja.ac.id/index.php/pedagogi/article/download/668/5 [12 Januari
Schraw G, Crippen KJ, Harthley K, 2006, Promoting Self Regulation in Science Education : Metacognition as part of a Broader Perspective on Learning . Research in science education
Tosun, C., & Senocak, E. 2013. The Effects of Problem-Based Learning onMetacognitive Awareness and Attitudes toward Chemistry of Prospective Teachers with Different Academic Backgrounds. Australian Journal of Teacher Education, 38 (3). [online]. Tersedia : http://ro.ecu.au/ajte/vol38/iss3/4. [22 Februari 2015]
Widiantie, R, 2015, Upaya Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi IDEAL Pada Mata Kuliah Endokrinologi
Copyright (c) 2018 Quagga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.