PERAN GENDER DAN KESADARAN METAKOGNITIF SISWA SMA DI KABUPATEN KUNINGAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Wawan Hermawan, Zaenal Abidin, Edi Junaedi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran gender dan kesadaran metakognitif siswa
SMA terhadap hasil belajar kognitif biologi. Penelitian menggunakan metode survey dengan
populasi adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten kuningan yang melaksanakan
kurikulum 2013. Sampel penelitian sebanyak 253 siswa dengan teknik cluster random
sampling. Instrumen penelitian adalah angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory) untuk
mengetahui tingkat kesadaran metakognitif. Analisis data untuk mengetahui pengaruh gender
dan kesadaran metakognitif terhadap hasil belajar menggunakan regresi linier berganda.
Distribusi frekuensi setiap variabel di analisis menggunakan deskriptif frequencies. Analisis
perbedaan rata- rata hasil belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan mengunakan Ttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1) tidak ada pengaruh gender terhadap hasil
belajar biologi siswa 2) terdapat pengaruh kesadaran metakognitif terhadap-hasil belajar
biologi dan 3) terdapat pengaruh gender dan kesadaran metakognitif secara bersama-sama
terhadap hasil belajar biologi.
Kata kunci: gender, kesadaran metakognitif, dan hasil belajar biologi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 2009. Konsep dan Teori Gender (Cetakan ke 2). Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional. Jakarta.

Coutinho, S. A. 2007. The Relationship Between Goals, Metacognition, and Academic Success. Educate. 7 (1):hal 39-40.

Dryden, G-, & Vos, J. 2001. The Learning Revolution. Diterjemaahkan oleh: Baiquni, Ahmad. Bandung: Penerbit Kaifa

Fauziyah, D. R, Corebima, A. D, & Zubaidah, S. 2013. Hubungan Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 6 Malang. Thesis Universitas Negeri Malang

Huda, M. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran (edisi ke 5). Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Kristiani, N. 2013. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Saintifik dalam Mata Pelajaran Biologi SMA Kurikulum 2013. Makalah disampaikan dalam Prosiding Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. Surakarta: di laksanakan tanggal 06 Juli 2013.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Statistik Sekolah Menengah Atas (SMA) 2015/2016. Kemdikbud, Jakarta.

Kusumaningtias, A. Zubaidah, S. & Indriwati, S, E. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelitian Pendidkan. Vol 23 (1) : hal. 23

Nugrahaningsih, T. K. 2012. Metakognisi Siswa SMA Kelas Akselerasi Dalam Memecahkan Soal Matematika. Magistra. No. 82 Th. XXIV Desember 2012. ISSN 0215-9511

Nurmalasari, L. R ., Winarso, W., & Nurhayati, E. 2015. Pengaruh Kemampuan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 2 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Nusantara Of Research. Vol- 02 (02) : Hal. 133-147.

Nuryana, E. & Sugiarto, B. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognisi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Kelas X-1 SMA Negeri 3 Sidoarjo. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 1 (1); hal. 83-75.

Ormrod, E. J. 2009. Psikologi Pendidikan (edisi ke 6). Jakarta: Erlangga.

Organisation for Economic Co- operation and Development (OECD). 2016. PISA: Results In Focus. OECD: Paris France

Pambudiono, A. Zubaidah, S. & Mahanal, S. 2013. Perbedaan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang Berdasarkan Jender dengan Penerapan Strategi Jigsaw. Laporan Penelitian. Universitas Malang (e-journal. um. ac. id).

Rahman, S. & Philips, J. A. 2006. Hubungan antara Kesedaran Metakognisi, Motivasi dan Pencapaian Akademik Pelajar Universiti. Jurnal Pendidikan, 31; hal. 21-39.

Ramdiah, S. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Putra dan Putri Kelas XI Sma di Kota Banjarmasin. Makalah disampaikan dalam Prosiding Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. Surakarta : di laksanakan tanggal 06 Juli 2013.

Santrock, J. W. 2009. Psikologi Pendidiakan - Educational Psiokologi (Edisi ke 3). Jakarta : Salemba Humanika.

Sumampouw, M. H. 2011. Ketrampilan Metakognitif dan Berfikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajarn Genetika. Bioedukasi. Vol 4 (2) : hal. 23-39.

Saenab, S. dan Arifin, N. A. 2014. Perbandingan Kesadaran Metakognitif Siswa yang Diajar Menggunakan Model Problem-Based Instruction (PBI) dengan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Bionature. Vol.15 (2): hal. 81-89.

Sasser, L. 2010. Brain Differences between Genders. Gender Differences in Learning, Genesis 5:1‐2, (Online), (http://www.faccs.org/assets/Conventions/Convention-10/Workshops/Sasser-Gender-Differences-in-Learning.pdf), diakses tanggal 13 Juli 2017.

Schraw, G. & Moshman, D. 1995. Metacognitive theories. Educational Psychology Review.Vol 7(4) : hal. 351-371.

Schraw, G. & Dennison, R. S. 1994. Assessing metacognitive Awareness. Contemporary Educational Psychology. P.19. hal. 460-475.

Siregar, E. & Nara, H. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Siregar, S. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perhitungan Manual & SPSS (Cetakan ke 3). Jakarta : Pranadamedia Group.

Sudia M. 2015. Profil Metakognisi Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Openended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Siswa. Jurnal Math Educator Nusantara. Vol. 1 (01) : Hal. 05-25

Suendi, D. A. P. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Melalui Lesson Study Terhadap Metakognisi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa (Kelas XI IPA MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Sugihartono. Nur Fathiyah, K. Harahap, F. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Suyono & Haryanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Konsep Dasar). Bandung: PT. Remaja Posdakarya.

Ula, S. 2013. Revolusi Belajar (Cetakan ke 1). Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Yuniarti, R. D. 2014. Pengaruh Sikap dan Gender Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa SMP Negeri Kelas VII di Kecamatan Sleman Yogyakarta 2013/2014. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v10i2.904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online)
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : 0232-873696, 0232-878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License