EVALUASI PROGRAM KULIAH LAPANGAN EKOLOGI HEWAN PADA SEBUAH UNIVERSITAS SWASTA DI KABUPATEN KUNINGAN JAWABARAT

Zaenal Abidin

Abstract


Mata kuliah ekologi hewan merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa program studi pendidikan biologi yang mewajibkan dilaksanakannya program kuliah lapangan. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan kuliah lapangan mata kuliah ekologi hewan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian evaluatif, dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Contex-Input-Proses-Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Evaluasi Konteks : mahasiswa umumnya (92,4%) memahami tujuan kuliah lapangan dan mampu mencapai tujuan kuliah lapangan yang telah ditetapkan oleh dosen; (2) Evaluasi Input : mahasiswa umumnya (83,31%) puas terhadap panduan kuliah lapangan yang diberi oleh dosen, sarana prasarana yang dipergunakan, berdampak pada perkembangan kemampuan penguasaan materi perkuliahan, dan lebih bergairah untuk mempelajari lebih dalam tentang materi-materi yang ada di dalam mata kuliah ekologi hewan; (3) Evaluasi Proses : mahasiswa umumnya (82,00) puas terhadap proses pelaksanaan kuliah lapangan; (4) Evaluasi Produk : sebanyak 71,95 % mahasiswa puas terhadap produk kuliah lapangan. Berdasarkan hasil penelitian evaluasi program ditemukan bahwa pelaksanaan kuliah lapangan ekologi hewan dapat memenuhi dari segi harapan mahasiswa, akademik, dan rekreasi.
Kata Kunci : evaluasi program, CIPP, kuliah lapangan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi & Jabar, Cepi SA. 2008. Evaluasi Program Pendidikan.Edisi kedua. Jakarta. Bumi Aksara.

Brinkerhoff.RO., Brethower.DM., Hluchyj.T., & Nowakowski. JR. 1983.Program Evaluation. Kluwer-Nijhoff : Boston.

Permendiknas No. 22 tahun 2016 Standar Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Dapat diunduh pada alamat http://sdm.data.kemdikbud.go.id/SNP/dokumen/Permendiknas%20No%2022%20Tahun%202006.pdf

Pollock, Kenneth H. 2017. Design and Analysis of Ecological Field Studies. Diunduh pada tanggal 26 januari 2017 pada http://www4.ncsu.edu/~pollock/pdfs/EcoD%202008%20L1.pdf

Royse,D., Thyer.BA., Padgett.DK., & Logan.TK. Program Evaluation an Introduction. Thomson Brooks/Cole :USA.

Stufflebeam, DL. & Shinkfield, AJ. 1988. Systematic Evaluation. Boston. Kluwer-Nijhoff Publishing.

Suradinata, M. 2009. Model-model Evaluasi Program Pendidikan. Bandung: UNISBA

Stufflebeam, DL., Foley, WJ., Gephart, WJ., Guba, Egon G., Hammond, RL., Meriman, HO., & Provus. 1974. Educational Evaluation & Decision Making. F.E. Peacock Pub.Inc : Itasca, Illinois.

The CIPP tersedia dalam :www.cglrc.cgiar.org boxkite media American chronicle

Worthen, B.R. & Sanders, J.R. 1987. Educational Evaluation. New York: Longman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.