VEE DIAGRAM DIPADU CONCEPT MAP SEBAGAI ALAT KONSEPTUAL UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA

Handayani Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Vee Diagram dipadu Concept Map dalam mengembangkan pemahaman konsep mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester V Tahun Akademik 2016/ 2017 sebanyak 1 kelas yang dikelompokkan menjadi 6 kelompok dan dilakukan selama 4 tahap menggunakan alat konseptual Vee diagram dan Concept map. Tahap pertama merupakan tahap pengenalan Vee Diagram dan Concept Map serta dilakukan penilaian pemahaman konsep awal mahasiswa pada materi fisiologi tumbuhan. Tahap kedua hingga tahap keempat setiap kelompok mahasiswa menerapkan Vee Diagram dan Concept Map pada tiap tahapnya, diakhir setiap tahapan dilakukan penilaian untuk mengetahui sejauh mana pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep mahasiswa sebelum penerapan dan diakhir setiap tahapan. Lembar observasi disertai rubrik digunakan untuk menilai Vee Diagram dan Concept Map yang dibuat oleh mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh peningkatan pemahaman konsep mahasiswa dari tahap pertama hingga tahap keempat.
Kata kunci: Vee Diagram, Concept Map, Pemahaman Konsep


Full Text:

PDF

References


Alvarez, Marino C. 2005. Conceptual Tools For Improving Self-Knowledge: V Diagrams, Concept Maps, and Time Writtings. Department of Teaching and Learning Teaching and Learning Presentation: Tennese State University.

Calais, Gerald J. (2009). The Vee Diagram as a Problem Solving Strategy: Conten Area Reading/Writing Implications. National Forum Teacher Education Journal. Department of Teacher Education Burton College of Education Mc.Neese State University, Lake Charles, Louisiana, 19(3): 1-8.

Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Karoline and Afamasaga Fuata’i. (2004). Concept Map and Vee Diagram as Tools for learning New Mathematics Topics. Proc of the first Int. Conference on Concept Mapping.

Novak, J. D & Gowin D. (1985). Learning How To Learn. Cambridge, MA: Cambridge University Press.

Ozsoy, Nerin. 2004. Using Concept Maps and Vee Diagrams as a Teaching and Learning Tool on The Unit The Function. Journal of Gazi Education Faculty, Vol 24(2): 15-24.

Passmore, G. (1998). Using Vee Diagram to Facilitate Meaningful Learning and Misconcepttion. Radiological Science and education, 4(1): 11-28.

Polancos, D. T. (2012). Effects of Vee Diagram and Concept Mapping on the Achievement of Students in Chemistry. Ched Acredited Research Journal. 7(1): 18-35.

Sujanem, Rai. (1998). Efektivitas Model Belajar Heuristik Vee dengan Peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika di SMU. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(1): 46-56.

Suparno, Paul. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Suparno, Paul. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.