Tingkat Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Alam Leuweung Monyet Cibeureum Taman Nasional Gunung Ciremai

  • Rizha Mulyana Ali Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan
  • Nina Herlina Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan
  • Nurdin Nurdin Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan

Abstract

Kabupaten Kuningan merupakan salah satu wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Barat bagian Timur. Wilayah Kuningan memiliki potensi wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, dan wisata religi yang cukup menarik untuk dijadikan tempat tujuan wisata. Salah satu objek wisata di Kabupaten Kuningan adalah Objek Wisata Alam Leuweung Monyet Cibeureum Taman Nasional Gunung Ciremai. Selain berbagai pesona alam dan fasilitas-fasilitas di Objek Wisata Alam Leuweung Monyet Cibeureum yang dapat menarik minat wisatawan, yaitu keberadaan monyet ekor panjang ( Macaca Fascicularis ). Namun dengan adanya keberadaan monyet ekor panjang tersebut perlu adanya pengelolaan yang efektif dan efisien, sehingga tercapai keseimbangan, ekosistem dan sosial. Salah satu faktor yang dijadikan indikator penilaian terhadap keberhasilan pengelolaan objek wisata adalah faktor kepuasan pengunjung. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, serta pengambilan data secara teknik Non Probability Sample dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa indikator kualitas objek wisata dan indikator emosional menghasilkan presentase yang sama yaitu sebesar 80%. Serta indikator kualitas dan pelayanan indikator biaya masing-masing memperoleh persentase sebesar 72% dan 85%. Nilai kepuasan pengunjung terhadap objek wisata alam leuweung monyet sebesar 77% terletak pada daerah kriterium tinggi yang berada pada interval 68%-100% sehingga disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung Objek Wisata Alam Leuweung Monyet Cibeureum cukup baik dan perlu baik dari faktor luar maupun dalam untuk menarik pengunjung Objek Wisata Alam leuweung Monyet Cibeureum.

Kata Kunci : Kepuasan pengunjung, Objek Wisata Alam, Leuweung Monyet

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta : Jakarta.

Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Praktek. Rhineka : jakarta.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D, Alfabeta : Bandung.

Sugiono. 2004. Metode Penelitan. CV Alfabeta : Bandung.

Tiya, N.A. 2014. Tingkat kepuasan pengunjung objek wisata waduk darma

Published
2019-07-01
Section
Articles