ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM KARANGAN SISWA SEKO-LAH DASAR KELAS III DI MAJALENGKA

  • Ana Purwitasari Freiburg University
Kata Kunci: analisis kesalahan; majalengka; sekolah dasar

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada kesalahan penggunaan bahasa dalam menulis karangan sederhana tentang keluarga yang ditugaskan pada siswa sekolah dasar. Adapun sampel penelitian mencakup siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Sidamukti II di Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Sekolah Dasar Negeri Sidamukti II dipilih karena lokasi sekolah terletak di kecamatan yang berbatasan dengan kecamatan di Kabupaten Sumedang. Hal ini dapat mempengaruhi Bahasa Sunda sebagai bahasa ibu para siswa yang merupakan Bahasa Sunda Dialek Majalengka dan berbeda dari Bahasa Sunda Dialek Priangan yang dituturkan di Kabupaten Sumedang. Dengan demikian, keadaan ini berpengaruh pada penguasaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua para siswa. Hasil analisis disajikan berupa narasi dan tabel, sedangkan penganalisisan kesalahan didasari oleh teori Tarigan tentang kesalahan berbahasa. Berdasarkan proses analisis diperoleh hasil bahwa kesalahan yang ditemukan dalam bahasa tulis siswa Kelas III berupa kesalahan leksikal muncul dalam teks 17 siswa, kesalahan fonologis yang dilakukan oleh 18 siswa, kesalahan morfologis terdapat dalam karangan 23 siswa, dan kesalahan sintaksis ditemukan dalam narasi yang ditulis oleh 25 siswa. Jika diubah kedalam bentuk persen, maka disimpulkan bahwa kesalahan leksikal sebanyak 68%, kesalahan fonologis sejumlah 72%, kesalahan morfologis mencakup 92%, dan kesalahan sintaksis yang mencapai 100% atau meliputi keseluruhan instrumen penelitian yang diteliti. Selain itu, terdapat dua karangan yang tidak valid dikarenakan kesamaan struktur, diksi, dan penggunaan tanda baca yang mencapai 100%. Beberapa kesalahan yang dilakukan siswa dipengaruhi oleh bahasa ibu dan ketidaktahuan siswa tentang ragam bahasa baku dalam Bahasa Indonesia sebagai bahasa target dalam pengamatan ini.

Referensi

Alfarisy, F., Maghfirah, Devinsky, E., dan Hastiani, R. K. (2022). “Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Plat-form Berita Media Sosial”, ANUVA, vol. 6, no. 3.

Alfin, J. (2018). Analisis Kesalahan Ber-bahasa Indonesia. Surabaya: LKiS.

Ariningsih, N. E., Sumarwati, dan Sad-dhono, K. (2012). “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas”, BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, vol. 1, no. 1.

Aruan, L. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa di dalam Karangan Mahasiswa Program Studi Baha-sa Jerman FBS Universitas Negeri Medan. Skripsi pada Uni-versitas Negeri Medan. Medan: Tidak dipublikasikan.

Ayudia, Suryanto, E., dan Waluyo, B. (2016). “Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMP”, BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, vol. 4, no. 1.

Cahyaningrum, W. T. (2010). Analisis Kesalahan pada Karya Tulis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Andong Kabupaten Boyolali. Skripsi pada Universitas Sebelas Maret. Surakarta: Tidak dipubli-kasikan.

Illa, A. (2014). Analisis Kesalahan Ber-bahasa dalam Karangan Per-suasif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maja. Skripsi pada Universitas Majalengka. Majalengka: Tidak dipublikasikan.

Indihadi, D. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa. Yogyakarta: Tidak dipublikasikan.

Istiqamah, I. dan Nurhadi, N. (2017). “Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karya Tulis Il-miah Mahasiswa KNB Tahun Akademik 2013/2014 di UNY”, LingTera, vol. 4, no. 1.

Jauhari, H. (2007). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Javed, M., Juan, Nazli. (2013). “A Study of Students’ Assessment in Writ-ing Skills of the English Lan-guage”, International Journal of Instruction, vol. 6, no. 2.

Listiyorini, A. (2005). “Berbagai Kesala-han Mekanik dalam Karya Ilmiah Mahasiswa”. Dalam Pangesti Wiedarti (Ed.). Menuju Budaya Menulis: Suatu Bunga Rampai. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Mahardika, R. Y., Sudrajat, R. T., dan La-tifah. (2018). “Analisis Kesala-han Berbahasa dalam Pembelaja-ran Mata Kuliah Sintaksis pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ba-hasa dan Sastra Indonesia”, Pa-role Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 1, no. 1.

Markhamah dan Sabardila. (2010). Anali-sis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta: Badan Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Nentia, A. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi pada Berita Pinggir-Duri-Dumai Surat Kabar Riau Pos. Skripsi pada Universitas Islam Riau. Pe-kanbaru: Tidak dipublikasikan.

Padilah, S. (2006). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Sis-wa Kelas V SD Negeri 208 Ka-ranganyar Kecamatan Gandus Palembang. Skripsi pada Univer-sitas Sriwijaya. Indralaya: Tidak dipublikasikan.

Praptiningsih. (2007). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Sis-wa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Tesis pada Universitas Sebelas Maret. Surakarta: Tidak dipublikasikan.

Rahayu, A. & Sudaryanto. (2018). “Ke-salahan Ejaan, Diksi, dan Morfo-logi dalam Karangan Deskripsi Mahasiswa Asal Tiongkok”, Diglosia Jurnal Pendidikan, Ke-bahasaan, dan Kesusastraan In-donesia, vol. 2, no. 1.

Rosilawati, R. & Sutrisna, D. (2021). Ba-hasa Ibu dalam Analisis Kesala-han Berbahasa Bidang Fonologi pada Komunikasi di Kampung Andir Palabuan Kabupaten Ma-jalengka. Karya tulis dipresenta-sikan dalam Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA 2021 pada Agustus 2021.

Saadah, F. 2012. “Analisis Kesalahan Berbahasa dan Peranannya dalam Pembelajaran Bahasa Asing”, Jurnal Studi Islam dan Sosial, vol. 14, no. 1.

Sabrina, S. P., Mustika, I., dan Lestari, R. D. (2020). “Analisis Kesalahan Penggunaan Berbahasa pada Penulisan Media Luar Ruang di Kecamatan Cihampelas Bandung Barat”, Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 1, no. 3.

Siregar, U. A. dan Aniati, I. (2022). Ana-lisis Kesalahan Berbahasa Indo-nesia dalam Kegiatan Presentasi Mahasiswa UIN Syahada Pa-dangsidimpuan. Karya tulis di-presentasikan. Padangsidimpuan: Tidak dipublikasikan.

Sundari, W. I. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Berita Daring Kumparan dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Menulis di SMP. Skripsi pada Universitas Tidar. Magelang: Tidak dipubli-kasikan.

Supriani, R. dan Siregar, I. R. (2016). “Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa”, Edukasi Kultura: Jur-nal Bahasa, Sastra dan Budaya, vol. 1, no.2.

Sutrisna, D. (2017). “Analisis Kesalahan Morfologi Bahasa Indonesia dalam Surat Kabar Radar Majalengka Edisi 16 dan 25 April 2016”, Diglosia Jurnal Pendidikan, Keba-hasaan, dan Kesusastraan Indone-sia, vol. 1, no. 1.

Syahputra, E., Yani, R., Maulida, Khoirunnisa, T. Y. I., dan Athirah, N. (2022). “Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Berkomu-nikasi pada Pembelajaran Via On-line”, Jurnal Multi Disiplin Deha-sen (MUDE), vol. 1, no. 3.

Tricahyo, A. (2021). Analisis Kesalahan dan Kekeliruan Berbahasa. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Uripah. (2014). Analisis Kesalahan Peng-gunaan Kalimat Imperatif V-Nasai dan V-Te Kudasai Bahasa Jepang. Skripsi pada Universitas Pendi-dikan Indonesia. Bandung: Tidak dipublikasikan.

Yudin, J., Nurjanah, A., dan Widiastuti, D. I. (2024). “Kesalahan Penggu-naan Bahasa Indonesia di Ruang Publik Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka”, PARA-DUTA: Jurnal Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 2, no. 1.

Diterbitkan
2025-03-30