Tentang Jurnal Ini

Fokus dan Ruang Lingkup

Ruang lingkup penelitian /artikel yang dapat diterbikan di Jurnal Fon antara lain :
(1) Kebahasaan Indonesia; keilmuan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, wacana, pragmatik, sosiolinguistik, psikolinguistik); keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis);
(2) Kesastraan Indonesia (teori sastra, sejarah sastra, kritik sastra, sastra bandingan, ekranasi, sosiologi sastra);
(3) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, kurikulum, bahan ajar, dan media pembelajaran).

Proses Peer Review

Semua naskah yang dikirimkan akan dibaca oleh dewan editorial dan kemudian dievaluasi oleh penyunting. Naskah yang tidak sesuai dengan kriteria jurnal akan ditolak langsung oleh penyunting dan naskah yang dinilai berpotensi juga menarik bagi pembaca akan kami kirim ke peninjau (reviewer) untuk dilihat isi, kesesuaian, sistematika penulisan, dan kebahasaan.

Proses peninjauan menggunakan sistem doble blind review yang mengharuskan penulis dan peninjau tidak saling mengetahui satu sama lain. Para editor kemudian membuat keputusan berdasarkan rekomendasi peninjau dari beberapa kemungkinan: ditolak, memerlukan revisi besar, revisi kecil, atau diterima.

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Fon : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diterbitkan dalam kurun waktu satu tahun dua volume yang terbit dibulan Maret dan Oktober. Bagi para penulis yang ingin menerbitkan naskahnya diharapkan mengirimkan naskah paling lambat lima (5) minggu sebelum waku penerbitan. Jika melebihi waktu tersebut apabila artikel yang dikirimkan dinyatakan layak, artikel tersebut mempunyai kemungkinan untuk diterbitkan dalam volume selanjutnya.

Kebijakan Open Access

Fon menyediakan akses terbuka bagi siapa saja yang igin melihat ataupun mengunduh artikel ilmiah yang diterbitkan melalui laman Fon tanpa harus mendaftar tersebih dahulu dengan syarat dan ketentuan yang belaku bahwa pembaca atau pihak lain tidak melanggar kode etik akses dan publikasi.

Pendaftaran Mitra Bestari (Reviewer)

Bagi yang berminat menjadi mitra bestari (reviewer) bisa mendaftar terlebih dahulu untuk sebagai penulis dan pembaca dan selanjutnya menghubungi narahubung kami yang tertera pada menu untuk melakukan tes dan wawancara secara daring sebagai bentuk profesionalitas hubungan kerja yang akan terjalin nantinya.

Tingkat Plagiasi Naskah yang Dikirim

Naskah yang terbit di Jurnal Fon harus memiliki tingkat plagiasi rendah yaitu maksimal 20% dari aplikasi terpercara. Pengecekan bisa dilakukan secara mandiri atau menghubungi pihak jurnal Fon.

Sponsors

Merupakan institusi tempat Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Bernaung. Universitas Kuningan terleak di Kuningan Jawa Barat dan berdiri sebagai instansi pendidikan swasta yang terakreditasi oleh BAnN-PT.

Kontributor

Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terus megembangkan sayap dengan mitra pendukung yang kami perluas bersama asosiasi. Dukungan dari para lembaga pendukung ini terus membantu kami meningkatkan kualitas jurnal yang kami persembahkan kepada semua kalangan.

Sejarah Jurnal

Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Kuningan. Fon memiliki p-ISSN 2086-0609 dan e-ISSN 2614-7718.
Fon merupakan media publikasi yang terbuka bagi mahasiswa, guru, dosen, atau peneliti lain yang memiliki minat dalam penelitian kebahasaan (keterampilan berbahasa, dan keilmuan bahasa), kesastraan, maupun kependidikan.
Ruang lingkup penelitian /artikel yang dapat diterbitkan di Jurnal Fon antara lain :
(1) Kebahasaan Indonesia; keilmuan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, semantic, wacana, pragmatic, sosiolinguistik, psikolinguistik); keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis);
(2) Kesastraan Indonesia (teori sastra, sejarah sastra, kritik sastra, sastra bandingan, ekranasi, sosiologi sastra);
(3) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, kurikulum, bahan ajar, dan media pembelajaran).