IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PENJUALAN DI KOPERASI MAWAR GARAWANGI

Indra Kurniawan, Agus Wahyuddin, Yati Nurhayati

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi memaksa pelaku bisnis untuk melibatkannya dalam proses bisnis dalam memenangkan kepuasan pelanggan. KOPERASI MAWAR yang terletak di Desa Garawangi merupakan Usaha Mandiri dalam bentuk sebuah rumah yang menjual beberapa macam perlengkapan keperluanrumah tangga, kue basah dan kue kering, akan tetapi belum adanya sistem yang yang dapat mengelola penjualan sehingga promosi penjualan masihdi lakukan secara convesional sehingga banyak mengeluarkan waktu dan biaya. Maka di bangun sistem informasi penjualan dengan pendekatan customer relationship management operasional dimana perancangannya menggunakan Data Flow Diagram (DFD) dan di terapkan kedalam bahasa pemrograman php dan mysql sebagai database nya.Fasilitas CRM yang tersedia antara lain: chating, promo produkdan point dan layanan konsumen Dengan adanya sistem ini diharapkan akan lebih memudahkan perusahaan untuk mengelola barang dan penjualan serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga dapat mempertahankan pelanggan lama dan mendapatkan pelanggan baru untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

 

Kata Kunci : implementasi costumer relationship manajemen pada penjualan

References


DAFTAR PUSTAKA

Anatasha Onna Carissa, Achmad Fauzi.,& Srikandi Kumadji. 2014, “Penerapan Customer Relationship Managment (CRM) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Administrasi Bisnis http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFile/602/801, 23 Februari 2017.

Buttle, Francis. 2007. Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan). Terjemahan oleh Arief Subiyanto. Malang : Bayu Media Publishing

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Sommerfille, Ian. 2011. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta : Erlangga.

Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA (JITIKA) Vol.11, No.1, Februari 2017 ISSN: 0852-730X

Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) Vol. 23, No.7, Agustus 2015 ISSN :2089-9033

Agus Saputra. 2012. Membuat Aplikasi Absensi Dan Kuesioner untuk Panduan Skripsi. PT. Elex Media Koputindo. Jakarta.

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Buttle, Francis. 2009. Customer Relationship Management Concepts and Technologies. Oxford: Elsevier.

Francis Buttle, Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan), Concepts and Tools, Elsier Ltd. 2009. Dialihbahasakan oleh Arief Subiyanto, Bayumedia Publishing, 2007.

Freddy Rangkuti. 2009.Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Hair, Joseph F et al. 2008. MultiVariate Data Analysis. Fifth Edition. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Harsono, Hanifah. (2008).Implementasi Kebijakan dan Politik. Bandung:PT. Mutiara Sumber Widya

Jogiyanto, 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV, Andi Offset, Yogyakarta.

Madcoms, Litbang. 2011. AplikasiWeb Database dengan Dreamweaver dan php-MySQL. Yogyakarta: Andi.

Pressman, R.S. (2011), Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York, 68.

Setiawan, Guntur. (2011).Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung:Remaja Rosdakarya Offset.

Tata Sutabri. 2012. Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta

Usman, Nurdin. (2009). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta : PT. Raja rafindo Persada.

Laudon, (2012) Implementasi Kebijakan dan Politik. Jakarta: Grafindo Jaya, 2002

Dr.Yevis Marty Oesman, SE, M.P (2010:15). Implementasi CRM Dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Lany sulitiyowati (2010:270) Sistem Akuntansi Perusahaan Dagang, Edisi ke-dua, Penerbit Grasindo, Jakarta

Andri Kristanto, (2010:29), Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Penerbit : Gava Media, Jakarta.

Riyanto 2010:1 H.M., Jogianto (2005). Analisa dan Design Sistem Informasi, Andi Offset: Yogyakarta.

Sibero (2011:11). MembuatAplikasi Web dengan PHP + Database MySQL.Andi. Yogyakarta

Bunafit nugroho 2012. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.

AnggitaS,Ardhisn (2008:15) implementasidanjenis-jenis CRM Bandung:RefikaAditama.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v10i2.996

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.